RSS

aplikom “sejarah perkembangan komputer

18 Jul
  1. I.                  Sejarah Komputer
  2. A.  Sejarah Perkembangan Komputer

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kasir supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.

Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.

  1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
  2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
  3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
  4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

 

Alat Hitung Tradisional Dan Kalkulator Mekanik

     Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.

     Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan. Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.

     Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871).

Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi  serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dpat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualny ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating

     Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembac kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

 

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Generasi

  1. 1.      Komputer Generasi Pertama

     Pada tahap pertama ini, perkembangan komputer mendapatkan faktor dorongan positif dari meletusnya perang dunia ke-dua. Dengan kata lain, pihak militer yang berperang sadar betul bahwa dengan mengadakan riset terhadap komputer maka akan mendatangkan kemajuan teknologi untuk suatu kemenangan perperangan. Mereka sadar betul dengan kemampuan potensial yang dimiliki oleh komputer. Oleh karena itu pada masa itu banyak tersedia dana yang sengat berlimpah untuk penelitian perkembangan komputer.

     Dampak dari tersedianya dana yang melimpah ini sangat signifikan, hal ini terlihat dengan ditemukannya jenis komputer yang diberi nama “K3″ untuk mendesain pesawat dan peluru kendali, oleh konrad Zuse, 1941 seorang ilmuwan Jerman. Kemudian tak mau kalah imuwan Inggris pada  tahun 1943 dengan tujuan untuk mengalahkan Jerman, berhasil menemukan mesin komputer yang diberi nama Colossus yang didesain untuk memecahkan kode-kode sandi dari tentara Jerman. Colossus inilah merupakan salah satu alat penting yang menjadi modal kemenangan Sekutu atas Jerman pada perang dunia II. Namun sayangnya lahirnya Colossus tidak berpengaruh besar terhadap perkembangan dunia komupeter waktu itu, hal ini disebabkan oleh sifat karakterisitik dari Colossus itu sendiri yang bersifat tidak komputer serba-guna (general purpose computer) yang dimana hanya dirancang untuk memecahkan kode-kode rahasia Jerman dan kerahasian keberadaannya dijaga hampir satu dekade  karena alasan  keamanan untuk mencegah meletusnya perang kembali.

     Dari pihak Amerika terus melakukan penelitian komputer untuk terus tetap berkembang. Pada tahun 1900 s.d 1973, seorang insinyur dari Harvard Howard H. Aiken dengan bekerja sama dengan IBM berhasil menciptakan kalkulator elektronik dengan panjang setengah lapangan bola kaki dan mempunyai panjang kabel total 500 mil untuk proyek US Navy yang diberi nama Mark I.

Setelah Mark I lahir, kemudian tercipta komputer yang bersifat serba guna (general purpose computer) yang dibuat oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980) yang diberi nama ENIAC. ENIAC berhasil dibuat dengan prakarsa kerja-sama Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. ENIAC sendiri merupakan kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer. ENIAC dapat bekerja dengan kecepatan 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mark I.

     Walaupun Colossus tidak boleh disentuh, beberapa penelitian tidak berhenti sampai disitu! Diawali pada pertengahan tahun 1940,  tim University of Pennsylvania dan John von Neumann (1903-1957) memiliki konsep besar untuk memproduksi komputer dengan kapasitas yang dapat digunakan dalam 40 tahun ke-depan! Dari kerja-sama tim ini terciptalah pada akhit tahun 1945, komputer yang diberi nama Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC). Inti besar dari nilai potensial keberhasilan dari EDVAC adalah adanya unit pemrosesan sentral (CPU). Hal ini membuat komputer dapat dikontrol dan dikendalikan dengan sumber tunggal. Selain itu EDVAC memiliki memori untuk menampung program ataupun data. Sehingga hal ini memungkinkan komputer untuk dapat berhenti pada suatu waktu tertentu dan kemudian dapat dapat diatur untuk dapat melanjutkannya kembali. EDVAC mendorong tumbuhnya industri komputer komersial, oleh karena itu tak heran  pada tahun 1951, lahirlah merek UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan prinsip kerja EDVAC, yang dilakukan oleh Remington Rand.

       Dari uraian diatas terlihat bahwa perkembangan komputer generasi pertama umumnya dirancang untuk mengerjakan suatu tugas spesifik tertentu dimana hal ini dicirikan dengan adanya program kode-biner yang sangat berbeda (machine language). Hal ini membuat sistem kerja generasi komputer pertama sangat dibatasi. Kemudian komputer dari generasi pertama  biasanya terdapat penggunaan tube vakum (sehingga membuat ukuran komputer sangatlah besar) dan untuk penyimpanan datanya menggunakan silinder magnetik.

 

  1. 2.      Komputer Generasi Kedua

       Pada tahap ini sangat dipengaruhi dengan adanya penemuan transistor pada tahun 1948. Dengan adanya penemuan transistor ini sangat mempengaruhi untuk menggantikan fungsi tube vakum dalam televise, radio, dan tentunya pada komputer. Secara resmi transistor mulai digunakan di dalam komputer sejak tahun 1956. Hal ini sangat mempengaruhi dari hasil ukuran sebuah komputer dibandingkan jika masih menggunakan tube vakum. Pengecilan ukuran komputer semakin dipercepat dengan adanya penemuan lainnya seperti perkembangan dan pengembangan memori inti magnetik. Beberapa produk yang menggunakan teknologi ini adalah komputer produksi IBM dengan skema peluncuran bertahap seperti Strecth dan tak mau kalah Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC dll. Perkembangan komputer dengan tujuan komersial semakin terlihat di tahun 1960, dengan ditandainya suksesnya bermunculan komputer untuk di bidang bisnis, pemerintahan dan pendidikan. Pada saat itu juga bermunculan aksesoris pendukung seperti printer, disket, program dll.

       Perkembangan yang dipaparkan pada paragraph sebelumnya juga turut mendukung untuk lahirnya bahasa pemograman yang dapat dipelajari seperti FormulaTranslator (FORTRAN) dan Common Business-Oriented Language (COBOL). Industi komputer mulai berkembang pesat pada masa perkembangan komputer generasi ke-dua. Selain itu pada masa ini juga merupakan awal untuk munculnya bidang kerja baru seperti ahli sistem komputer, programer (ahli program) dan analisis data.

 

  1. 3.      Komputer Generasi Ketiga

       `Inti dari pada tahap generasi ke-tiga adalah pada tahun 1958 ditemukannya IC (Intergrated Circuit). Penemuan IC dilatarbelakangi oleh tidak puasnya pada kerja transistor dimana ketika digunakan didalam komputer akan menghasilkan panas yang sangat besar sehingga dapat merusak komponen yag lainnya. IC terbuat dari quarsa rock (batu quarsa) yang ditemukan oleh seorang ilmuwan ahli instrument dari Texas, Jack Kilby. Hal ini-pulalah yang mendorng penemuan-penemuan penting sehingga suatu chip dapat mewakili beberapa komponen yang dibutuhkan oleh komputer. Akibatnya komputer terlihat lebih bersahabat dan nyaman ketka digunakan karena ukurannya yang semakin mengecil.

 

  1. 4.      Komputer Generasi Keempat

       Untuk perkembangan komputer pada generasi ini mungkin sudah dapat disekitar lingkungan kita. Penemuan IC yang spektakuler sebelumnya membuat perkembangan dunia komputer berkembang dengan pesat. Hal ini dengan ditandai dengan ditemukan komponen yang lebih unggul dibandingkan IC beserta turunannya.

 

       Komponen yang dimaksud adalah seperti dengan berhasil diproduksinya suatu komponen yang dapat mewakilki beberapa komponen (kapasistanya lebih unggul dari pada IC) yaitu Large Scale Integration (LSI) dimana dapat memuat ratusan komponen dalam hanya sebuah chip. Tak selang berapa lama (1980) kemudian juga ditemukan produk turunannya yaitu 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) yang memiliki kemampuan luar biasa untuk dapat memuat ribuan komponen hanya dalam sebuah chip tunggal. Dan mungkin Ultra-Large Scale Integration (ULSI) yang memiliki kemampuan yang lebih luar biasa untuk dapat  meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

       Dengan adanya penemuan diatas diharapkan akan berdampak pada penekanan biaya pembuatan komputer, sehingga harga komputer-pun akan semakin lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat tingkat menengah ke bawah. Salah satu contoh produk dipasaran yang mungkin sering pernah kita dengar sampai sekarang adalah Chip Intel 4004 yang dibuat pada pertengahan tahun 1971. Hal ini lah awal mulanya komputer dibuat dan disain untuk keperluan komersial yang dapat terjangkau untuk semua pihak.

    

  1. 5.      Komputer Generasi Kelima

       Baik, pada perkembangan komputer untuk masa ke-lima ini memang sangat susah. Karena masih dalam sebatas imajinasi. Mungkin bagi Anda yang membaca tulisan ini pernah menonton film berjudul “2001:Space Odyssey” karya dari Arthur C. Clarke. Dalam film tersebut merupakan gambaran komputer masa depan yang mungkin masih dalam imajinasi dalam pikiran kita. Dalam film tersebut komputer dapat diprogram sehingga dapat mendekati pemikiran manusia. Yang lebih parah dalam film tersebut komputer mampu untuk memprogram dirinya sendiri sehingga bisa saja mungkin pemikirannya mengalahkan pemikiran manusia.

       Meskipun gambaran visual yang ditayangkan dalam komputer tersebut masih jauh dari pemikiran kita dan realita, namun tanda-tanda untuk mewujudkan itu semua sudah terlihat. Sejauh ini telah ada komputer yang dapat diprogram untuk dapat merespon printah secara lisan maupun nalar manusia.

       Dewasa ini telah banyak kemajuan teknologi untuk mendukung perkembangan teknologi komputer. Diantaranya telah ditemukannya kemampuan pemrosesan parallel dimana direncanakan untuk menggantikan model non Neumann! Dimana sistem pemrosesan parallel itu akan mampu bekerja mengkoordinasikan banyak CPU untuk secara serempak. Selain itu juga telah ditemukan teknologi superkonduktor, sehingga dapat menghantarkan informasi lebih cepat dibandingkan dengan teknologi yang digunakan sebelumnya. Apapun yang terjadi, yang jelas secanggih apapun kemampun sebuah komputer tidak akan bisa mengalahkan kemampuan yang membuatnya, yaitu pikiran manusia.

  1. B.  Pengertian Komputer

     Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

     Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor, belum dalam bentuk print out (kertas).

     Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer. Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.

     Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer. Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.

     Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).

Konsep hardware – software – brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.    

Klasifikasi Komputer

Pengertian Komputer berdasarkan golongan (kegunaan) :

  1. a.    General Purpose Computer

     Komputer yang umum digunakan pada setiap hari, juga bisa disebut sebagai general-purpose computer, dimana bisa digunakan untuk menyelesaikan pelbagai variasi pekerjaaan. Komputer jenis ini dapat menggunakan pelbagai software, bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fata didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.

     Walaupun general purpose computer dapat diprogram untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat terbang.

  1. b.   Special Purpose Computer

     Special-purpose  computer  digunakan untuk  menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Special purpose pada awalnya  merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus  dan  disesuaiakan  dengan konfigurasi ataupun peralatan  didalamnya yang  sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

     Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage.

     Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game.

 

Pengertian Komputer menurut Kapasitasnya :

  1. Micro Computer

   Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.

   Pada awalnya, memory yang dimiliki oleh sebuah personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini memiliki memory hingga 8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang. Karena harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer.

   Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan. Pada umumnya personal komputer hanya mampu bekerja untuk melayani satu orang pemakai (single-user), tetapi dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN (Local Area Network) personal komputer juga dapat digunakan untuk melayani banyak pemakai dalam saat yang bersamaan (konsep multi user).

  1. b.      Mini Computer

    Ukuran  fisik  dan  kemampuannya  lebih  besar  dari micro computer   dan   agak   susah   untuk   dipindahkan, komputer  ini  banyak  digunakan  untuk  jaringan  yang dapat  melayani  lebih  dari  4000  pengguna  pada  saat yang  bersamaan.  Pengguna  dapat  mengakses  melalui terminal   yang   berupa   monitor   dan   keyboard   (tanpa perangkat Processor).

    Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan PC. Hal ini disebabkan karena micro processor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul dibanding dengan microprosessor yang digunakan pada PC. Ukuran fisiknya dapat sebesar almari kecil. Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400.

  1. c.       Mainframe Computer

    Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.

Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan semacam ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan disamping itu, mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama.

    Suatu teknik atau cara yang memungkinkan banyak orang pada pelbagai terminal dapat meng-access pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan time-sharing. Didalam pengertian time sharing sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya kepada satu pemakai pada satu saat, dan kemudian dilanjutkan dengan pemakai berikutnya. Tetapi karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka jarak pemakaian waktu antara satu pemakai dan lainnya tidaklah nampak secara jelas.

    Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai sistem pengamanan elektronik.

  1. d.      Super Komputer

    Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang, pertahanan keamanan.

 

Pengertian Komputer berdasarkan jenis data yang diolah :

     Data yang diolah oleh komputer jenisnya sangatlah banyak. Ada data yang berujud gambar, suara, huruf, angka, keadaan, simbol ataupun yang lainnya lagi. Dalam hal ini, tidak setiap komputer bisa mengolah seluruh data yang ada. Ada komputer yang hanya bisa mengolah suara, ataupun hanya bisa mengolah gambar ataupun hanya mengolah huruf dan angka saja. Walaupun demikian, ada pula komputer yang bisa mengolah beberapa data secara bersama-sama.

  1. a.      Digital Computer

    Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !. Biasanya  komputer  ini  banyak  digunakan  dikalangan businessman, Administrasi   perkantoran     dan      Ilmu Pengetahuan.

  1. b.      Analog Computer

     Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran. Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannnya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.

  1. c.       Hibrid Computer

   Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

 

  1. C.  Konsep Dasar Komputer

       Dari apa yang telah diuraikan dapatlah dilihat, bahwa pengertian komputer bisa ditinjau dari bermacam-macam sudut, seperti misalnya; tinjauan komputer dari generasi ke generasi, tinjauan komputer dari sudut kapasitasnya, dan disamping itu koputer juga dapat ditinjau dari jenis data yang diolahnya. Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer selalu memiliki sebuah konsep dasar. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.

 

 

 

  1. a.      Input Device

Input device bisa diartikan sebagai peralatanyang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

 

 

 

  1. b.      Central Processing Unit (CPU)

Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data. Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.

 

 

Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :

  • Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk me-nyimpan data dan program.
  • ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
  • Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer

 

 

 

     CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya. Kapasitas bit untuk Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari bit-nya, bila suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan bahwa pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2 kali lebih cepat dari yang 8 bit.

Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan kerja microprocessor adalah frekwensi kerja komputer. Ada CPU yang mempunyai frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.

     Microprocesor 8 bit adalah 8088, biasa digunakan untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz. Microprocessor 16 bit adalah 80286, dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi antara 8 Mhz hingga 20 Mhz. Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua jenis microprocessor ini dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz hingga 40 MHZ. Kini beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan 80686

Microprocessor 586 dikenal dengan nama pentium, telah dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak perubahan dan peningkatan pada processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah 112 MIPS (Million Instruction PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari generasi 486.

  1. Output Device

Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

 

 

 

Dalam kehidupan sehari-hari, menulis, juga bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk mengeluarkan hasil pemikiran kedalam suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan untuk menulis bisa berupa kertas ataupun bentuk lainnya.

 

  1. d.      External Memory

External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Data dan program yang tersimpan didalam external memory, agar bisa berfungsi data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory cukup banyak.

 

 

 

Dalam kehidupan sehari-hari, buku, kertas, gambar foto, ataupun rekaman suara, juga bisa dikatakan sebagai external memory dari manusia. Dikatakan external memory karena berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data yang terletak diluar otak manusia. Agar data-data yang ada didalam external memory tersebut bisa berfungsi bagi manusia, maka data-data tersebut, juga harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory, misalnya dengan cara membaca.

 

  1. D.  Pengertian Data dan Informasi

     Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

     Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.

     Data bisa merupakan jam kerja bagi karyawan perusahaan. Data ini kemudian perlu diproses dan diubah menjadi informasi.

     Jika jam kerja setiap karyawan kemudian dikalikan dengan nilai per-jam, maka akan dihasilkan suatu nilai tertentu. Jika gambaran penghasilan setiap karyawan kemudian dijumlahkan, akan menghasilkan rekapitulasi gaji yang harus dibayar oleh perusahaan. Penggajian merupakan informasi bagi pemilik perusahaan. Informasi merupakan hasil proses dari data yang ada, atau bisa diartikan sebagai data yang mempunyai arti. Informasi akan membuka segala sesuatu yang belum diketahui

Hirarchi Penyajian Data

Pengertian data yang diolah oleh komputer, cara penyajiannya dapat dibagi dalam beberapa tingkatan / hirarchi, yaitu :

  1. a.    Byte/Karacter

Merupakan satuan data paling kecil. Karakter bisa berbentuk huruf (A s/d Z, atau a s/d z), berbentuk angka (0 s/d 9), ataupun berbentuk tanda baca lainnya lagi.

 

 

  1. b.   Field

Merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu; Misalnya, Field untuk Nomor Mahasiswa, Field untuk Nama Mahasiswa, Field untuk Mata Pelajaran dan lainnya.

 

 

  1. c.    Record

Merupakan kumpulan dari field-field yang membentuk sebuah arti. Misalkan kumpulan field NIRM, NAMA MATERI PENDIDIKAN pada akhirnya membentuk sebuah record.

  1. d.   File

File merupakan kumpulan dari record-record . Dengan demikian, hirarchi penyajian data dengan urutan dari kecil kebesar adalah sebagai berikut :

Byte/Character -> Field –> Record –> File

 

 

E. Satuan Ukur Kapasitas Data

Ukuran terkecil untuk kapasitas data pada komputer adalah BIT. BIT singkatan dari Binary Digit. Bit berupa angka biner yang terdiri dari angka nol (0) dan satu (1).

Satu karakter berukuran 8 bit atau 1 byte. Contoh, jika saya menulis kata KOMPUTER. Terdapat 8 karakter, yaitu K, O, M, P, U, T, E, R. Artinya kata tersebut berkapasitas 8 byte atau 64 bit (8 bit dikali 8 karakter) .

Setiap karakter memiliki nilai bit yang berbeda. Nilai tersebut antara angka biner 00000000 sampai dengan 11111111. Atau dalam angka desimalnya antar angka 0 hingga 255. Jadi, terdapat 256 karakter yang dikenal oleh komputer. Karakter tersebut dapat berupa huruf, angka, atau simbol-simbol.

Karena semakin besarnya ukuran data, maka digunakan satuan ukur yang lebih besar, yaitu :

1 kilo byte (KB) = 1024 byte
1 mega byte (MB) = 1024 KB
1 giga byte (GB) = 1024 MB
1 terra byte (TB) = 1024 GB
Dan seterusnya

Dapat kita lihat ukuran harddisk saat ini, telah mampu menyimpan hingga ratusan Giga Byte bahkan hingga ukuran Terra Byte.

 

II. Pengetahuan Dasar Komputer

       Pernahkah kita berfikir tentang kecanggihan computer yang kita meliki dirumah atau computer yang ada di kampus kita ? Bagaimana kita akan menjawab pertanyaan itu ? Untuk menjawab pertanyaan diatas ada beberapa kemungkinan. Diantaranya dengan menyebukan spesifikasi perangkat keras (hardware) yang ada dalam komputer kita, sedangkan alternatif lain adalah dengan menyebukan fasilitas atau kinerja computer kita. Yang tak kalah pentingnya adalah perangkat lunak (software) yang mampu dijalankan di komputer kita, meliputi system operasi dan aplikasi yang digunakan . Tentu saja untuk dapat menjelaskan kemampuan komputer yang kita miliki, kita harus memahami masalah hardware dan software komputer. Pemahaman kita tidak dituntut terlalu detail yang penting konsep pemahaman kita tidak salah, sehingga dengan pemahaman  tersebut, hardware dan software yang perkembangnnya sangat cepat kita tetap dapat mengikuti.

  1. I.     Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Perangkat keras (hardware) merupakan komponen komputer yang secara langsung dapat dilihat apabila cassing atau kotak computer CPU dibuka. Secara umum, hardware pada unit komputer dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. 1.    Unit masukan (input device)

          Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

          Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

  • Peralatan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, scanner.
  • Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

  1. a.    Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

  1. 1.    typewriter key

Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya.

  1. 2.    numeric key

Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key

  1. 3.    function key

Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan

  1. 4.    special function key

Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key

 

Gambar Keyboard

  1. b.   Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click) Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

 

Gambar Mouse

 

  1. c.    Touchpad
    Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.

 

Gambar Touchpad

  1. d.   Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

 

Gambar Joy Stick                                Gambar GamePaddle

 

  1. e.    Barcode Reader

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

 

Gambar Barcode                             Gambar Barcode Reader

 

  1. f.       Scanner
    Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

 

 

Gambar Scanner

 

  1. g.    Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

 

Gambar Kamera Digital

 

 

 

  1. h.   Kamera video

Kamera video atau sering disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak
hingga menjadi file video atau film. Camcorder termasuk alat input. Hasil rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus. Hasilnya kemudian dapat kita salin ke cakram CD atau DVD.

 

 

Gambar Camcorder

  1. i.        Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

 

            Gambar Mikropon Komputer

 

  1. j.        CD/DVD-R/RW

Berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD/DVD.

 

Gambar DVD RW

 

  1. Unit pemrosesan (processing device)

Unit pemrosesan terdiri atas processor dan segenap peripheral pendukungnya yang terdapat dalam cashing komputer atau kotak cpu. Unit pemroses akan memproses data dari perangkat masukan untuk selanjutnya diterukan ke perangkat output atu disimpan dalam media penyimpanan. Berikut ini dijelaskan perangkat prmroses data beserta peripheral yang terdapat di dalam cashing komputer.

  1. a.         Processor

       Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

       Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

       Processor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan processor dalam mengolah data atau informasi.

Perkembangan komputer tidak terlepas dari perkembangan
prosessor dari tahun ke tahun. Bahkan seri komputer dikendalikan oleh seri prosessor
keluaran terbaru.

Merk processor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.

 

 

Bagian terpenting dari Processor terbagi 3 yaitu :

  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)

Dalam perkembangannya ada beberapa merk processor yang beredar di Indonesia, diantaranya adalah:

  1.                                        i.            Intel

Intel, dengan kata tersebut pasti anda sudah tahu khan? Ya, Intel merupakan suatu perusahaan microprocessor dan processor yang terkenal di dunia. Dan produk-produknya pun banyak digunakan oleh orang-orang. Di komputer, laptop, server tidak sedikit yang menggunakan produk Intel sebagai processornya. Processor Intel terkenal akan teknologi-teknologi yang diterapkannya. Baik itu Dual Core yang diterapkan pada satu processor yang bisa mempercepat proses komputer, Maupun jumlah GOPS (Giga Operations Per Second) yang dimilikinya. Tapi semua itu juga bermula dari hal yang kecil.

Banyak sejarah-sejarah yang dialami processor-processor Intel sebelum processor tersebut menjadi sehebat sekarang yang processornya sekarang dijuluki Otak Komputer tercepat di dunia yaitu Core i7 dan Corei& Extreem yang tercepatnya.

Sejarah processor Intel diantaranya yaitu :

  • Di tahun 1979, Intel mengeluarkan prosessor tipe i80186 dan i80188. Sejak munculnya prosesor tipe i80186, prosessor mulai dikemas dalam bentuk PLCC, LCC dan PGA 68 kaki.. i80186 secara fisik berbentuk bujursangkar dengan 17 kaki persisi (PLCC/LCC) atau 2 deret kaki persisi (PGA) dan mulai dari i80186 inilah chip DMA dan interrupt controller disatukan ke dalam processor. semenjak menggunakan 286, komputer IBM menggunakan istilah IBM PC-AT (Advanced Technology)dan mulai dikenal pengunaan istilah PersonalSystem (PS/1).
  • Lalu untuk meraih momentum yang hilang dari chip i8086, Intel membuat i80286, prosesor dengan register 16-bit, bus eksternal 16-bit, mode protected terbatas yang dikenal dengan mode STANDARD yang menggunakan memori addressing 24-bit yang mampu mengakses maksimal 16 MB memori.
  • Pada tahun 1985, Intel meluncurkan desain prosesor yang sama sekali baru: i80386. Sebuah prosesor 32-bit , dalam arti memiliki register 32-bit, bus data eksternal 32-bit, dan mempertahankan kompatibilitas dengan prosesor generasi sebelumnya, dengan tambahan diperkenalkannya mode PROTECTED 32-BIT untuk memori addressing 32-bit, mampu mengakses maksimum 4 GB , dan tidak lupa tambahan beberapa instruksi baru.
  • Sekitar tahun 1989 Intel meluncurkan i80486DX. Seri yang tentunya sangat populer, peningkatan seri ini terhadap seri 80386 adalah kecepatan dan dukungan FPU internal dan skema clock multiplier (seri i486DX2 dan iDX4), tanpa tambahan instruksi baru. Karena permintaan publik untuk prosesor murah, maka Intel meluncurkan seri i80486SX yang tak lain adalah prosesor i80486DX yang sirkuit FPU-nya telah disabled . Seperti yang seharusnya, seri i80486DX memiliki kompatibilitas penuh dengan set instruksi chip-chip seri sebelumnya.
  • Pada tahun 1993, dan Intel meluncurkan prosesor Pentium. Peningkatannya terhadap i80486: struktur PGA yang lebih besar (kecepatan yang lebih tinggi , dan pipelining, TANPA instruksi baru. Tidak ada yang spesial dari chip ini, hanya fakta bahwa standar VLB yang dibuat untuk i80486 tidak cocok (bukan tidak kompatibel) sehingga para pembuat chipset terpaksa melakukan rancang ulang untuk mendukung PCI. Intel menggunakan istilah Pentium untuk meng”hambat” saingannya.
  • Pada tahun 1995, kemunculan Pentium Pro. Inovasi disatukannya cache memori ke dalam prosesor menuntut dibuatnya socket 8 . Pin-pin prosesor ini terbagi 2 grup: 1 grup untuk cache memori, dan 1 grup lagi untuk prosesornya sendiri, yang tak lebih dari pin-pin Pentium yang diubah susunannya.
  • Pada tahun 1996, prosesor Pentium MMX. Sebenarnya tidak lebih dari sebuah Pentium dengan unit tambahan dan set instruksi tambahan, yaitu MMX. Intel sampai sekarang masih belum memberikan definisi yang jelas mengenai istilah MMX. Multi Media eXtension adalah istilah yang digunakan AMD .
  • Pada tahun 1997, Intel meluncurkan Pentium II, Pentium Pro dengan teknologi MMX yang memiliki 2 inovasi: cache memori tidak menjadi 1 dengan inti prosesor seperti Pentium Pro , namun berada di luar inti namun berfungsi dengan kecepatan processor. Inovasi inilah yang menyebabkan hilangnya kekurangan Pentium Pro (masalah pengosongan cache) Inovasi kedua, yaitu SEC (Single Edge Cartidge),

 

  • Pada tanggal 6 Oktober 1998, Intel Corporation meliris prosessor rangkap versi tercepat Intel® Pentium® II Xeon™ dengan kecepatan 450 MHz, dirancang khusus untuk digunakan pada Prosessor-dual (two-way) Workstation dan servers.
  • Pada tahun 1999, Intel mengeluarkan prosessor dengan tipe Intel® Pentium® III Processor. Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara. Disamping itu pada tahun yang sama Intel juga mengeluarkan prosesor tipe Intel® Pentium® III Xeon®.
  • Pada tahun 2000, Intel mengeluarkan prosessor dengan tipe Intel® Pentium® IV Processor. Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3,06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5 GHz dengan form factor pin 423, setelah itu intel merubah form factor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1,3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3,4 GHz.
  • Pentium M

Diperkenalkan sebagai bagian dari teknologi Intel Centrino pada 12 Maret 2003. Teknologi Centrino terletak pada susunan komponen, termasuk prosesor intel Pentium M atau Celeron M, chipset Untel 885 atau 915, dan PRO/Wireless adapter yang dapat digunakan untuk membangun sistem dengan support wireless yang terintegrasi dan baterai yang tahan lama.Bekerja lebih baik daripada pentium IV. Sebagai contoh, pentium M1,6 GHz memiliki kerja yang sebanding dengan Pentium IV 2,4 GHz saat menggunakan daya yang lemah

  • Celeron

Merupakan prosesor x86 dengan desain pentium. Awalnya, Celeron berbasis pada arsitektur Intel Pentium II, kemudia bermigrasi ke arsitektur Pentium III dan IV. Harga Celeron lebih murah bila dibandingkan dengan prosesor-prosesor sekelasnya. Prosesor Celereron tidak memiliki beberapa fitur yang dimiliki oleh prosesor high end (seperti dual processing atau multiprocessing). Celeron juga lebih lambat bila dibandingkan dengan Pentium sekelasnya dengan ukuran L2 cache yang lebih kecil dan kadang memiliki bus speed yang lemah. CPU Celeron biasanya dikemas dengan cara yang sama seperti prosesor Pentium II/III/IV.

Membedakan prosesor generasi Celeron dekstop sangat mudah, perbedaannya terletak pada perbedaan tipe kemasannya. Celeron dengan basis Pentium II dikemas dengan slot 1 atau PPGA plastik, Celeron dengan basis Pentium III dibuat dengan FC-PGA, dan Celeron dengan basis Pentium IV dikemas dengan 478 pin FC-PGA2.

  • Celeron D

Merupakan nama dagang baru bagi prosesor Celeron. CPU dengan prosesor Celeron tercepat memiliki Northwood 0.13 mikron. Prosesor Celeron D merupakan kelanjutan core Pentium IV yang memiliki core Prescott 0.09 mikron dan core Cedar Mill 0.065 mikron.

Berikut perbedaan versi antara prosesor Celeron D dengan core Prescott

  • Celeron D dengan 478 pin mikro FC-PGA digunakan pada motherboard dengan soket 478. Prosesor ini memiliki fitur dasar core Prescott dan memiliki kemampuan Excute Disable Byte atau mode eksekusi 64 byte.
  • Prosesor Celeron D pertama pada 775-land FC-LGA memiliki kemampuan Excute Disable Byte.
  • Celeron D yang baru pada 775-land FC-LGA memiliki kemampuan Excute Disable dan mode 64 byte.

Secara umum, prosesor Celeron D Prescott memiliki sedikit improvisasi bila dibandingkan dengan prosesor Celeron Northwood, yaitu frekuensi Front Side Bus (FSB) 33% lebih cepat, L2 cache dua kali lebih besar,dan mode 64 byte pada sebagian CPU Celeron D Prescott. Mode 65 byte juga digunakan pada prosesor Celeron D berbasis core Cedar Mill, yaitu 512 KB, sedangkan pada prosesor Celeron D Prescott hanya 256 KB.

  • Core TM 2 Duo

Adalah prosesor keluaran Intel berkecepatan 2.400 MHz yang dirilis Intel pada bulan Juli tahun 2006. Pesaing prosesor ini adalah AMD Athlon FX 60 (Core 2 Duo unggul dengan perbedaan kinerja 15%). Dengan overclock hingga 3,4 Ghz, Athlon FX 60 hanya bisa unggul tipis dari Intel Core 2 Duo. Hal ini membuktikan bahwa Intel Core 2 Duo jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan pendahulunya dalam mengeksekusi intruksi.

 

  • Core TM 2 Quad

Prosesor keluaran Intel setelah mereka sukses dengan peluncuran Core 2 Duo. Intel Core 2 Quad sendiri merupakan hasil penggabungan 2 prosesor COre 2 Duo ber-cache L2 4 MB, sehingga Core 2 Quad memiliki cache L2 sebesar 8 MB (2 x 4 MB). Prosesor Core 2 Quad merupakan prosesor yang menarik dan menjadi pilihan yang aman untuk masa depan, walaupun saat ini masih banyak software yang belum bisa menggunakan prosesor ini

  • Core i7

Merupakan bagian dari platform Nehalem. Prosesor ini dianggap sebagai perubahan terbesar abad ini dalam bidang arsitektur prosesor. Perubahan besar yang ada pada prosesor baru ini bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya terdapat pada letak memory controller. Tidak seperti generasi-generasi sebelumnya, seperti pentium maupun Core 2 Duo, dimana memory controller terletak pada chipset terpisah, yaitu Northbridge. Pada Intel i7 ini memory controller terletak pada pusat prosesor itu sendiri. Fitur lain dari Core i7 adalah penambahan SSE4 extension pada instruction set, sehingga kinerja prosesor pada tataran multimedia menjadi lebih baik.

 

Gambar Processor Intel

 

  1.                                           ii.      AMD

AMD adalah singkatan dari (Advanced Micro Devices) yang merupakan salah satu jenis processor yang dipakai hingga saat ini. AMD merupakan sebuah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale, dan memproduksi produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan juga teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat dalam suatu sistem.

Pada sejarah perkembangannya AMD ada beberapa jenis yaitu :

  1. 1.    AMD K5

AMD K5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yg mendukung Intel. Jadi motherboard yg mendukung Intel akan mendukung pula AMD K5. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.

  1. 2.    AMD K6

Prosesor AMD K6 merupakan prosesor generasi ke-6 dengan peforma yang tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yg mendukung Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya nya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III dan dari seluruh modelnya yang membedakan hanya kecepatan CPU Clock dan Micron Processnya.

  1. 3.    AMD Duron

AMD Duron merupakan generasi ketiga dari perkembangan processor AMD. Dan juga merupakan jenis prosesor yang murah dan terjangkau dan dikenal pada tahun 2000. AMD Duron juga tidak kalah hebat dengan AMD Athlon yang memliki kinerja processor hampir sama hanya beda 7%-10%  lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Akan tetapi pada saat ini AMD sudah menghentikan produksi akan processor jenis AMD Duron

  1. 4.    AMD Athlon

AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprosesor seri AMD K6. Dan sedikit demi sedikit ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industri mikroprosesor. Dikarenakan keunggulan yang dimiliki Oleh AMD Athlon jenis prosesor ini dapat mengungguli Intel Pentium III Katmai danbahkan jenis terbaru dari intel yaitu Pentium III Coppermine. Prosesor jenis ini juga dapat dijadikan sebagai prosesor untuk system multiprosesor seperti halnya prosesor generasi keenam intel (P6). Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, prosesor AMD dapat mewujudkan computer yg memiliki dua prosesor AMD Athlon.

Model-Model dan Spesifikasi AMD Athlon ;

  • Athlon Classic :

Kecepatan proses 100 MHz double-pumped

Vcore: 1.6 V (K7), 1.6 – 1.8 V (K75)

Keluar pertama 23 Juni 1999 ( K7 ), 29 Nopember 1999 ( K75 )

Clock-rate 500-700 MHz ( K7 ), 550-1000 MHz (K75)

  • Athlon Thunderbird (180nm)

Keluar pertama 5 juni 2000

Berhasil menyaingi Intel Pentium III

MMX 3DNOW!

Boros Daya dan Suhu Tinggi

Kecepatan 700-1400 MHz

  • Athlon XP ( eXtrime Power ) ( 130 nm)

Banyak orang mempersepsikan setara dengan Intel Pentium 4

Kompatibel RAM : DDR/SDRAM 100, 133, 166, 200 Mhz

Instruksi Prosesor : 3D NOW! – Intel x86 Compatibility Intel MMX – SSE

dan SSE2

Rating/clock speed yang tersedia : 1500+ s/d 200+ ; 2200+ s/d 3000+ ;

3200+

  • Palomino ( 180nm )

Keluar pertama 10 Juni 2002 ( A ), 21 Agustus 2002 ( B)

MMX, 3DNOW!, Streaming SMID Extension / SSE Soket A

Clock Rate : T-Bred “A” : 1400-1800 ( 1600+ s/d 2200+ )

T-Bred “B” : 1400-2250 ( 1600+ s/d 2800+ )

266 MT/s FSB:1400-2133 MHz ( 1600+ s/d 2600+ )

333 MT/s FSB: 2083 – 2250 MHz ( 2600+ s/d 2800+ )

  • Thorton (130nm)

Keluar pertama September 2003

MMX, 3DNow, Streaming SMID Extension / SSE

Clockrate: 166-2200 MHz ( 2000+ s/d 3100+)

  1. 5.    AMD Athlon 64

Prosesor ini memiliki 3 variant socket bentuk yg berbeda yaitu socket 754, 939, dan 940. Socket 754 memiliki kontroler memori yg mendukung penggunaan memori DDR kanal tunggal. Socket 939 memiliki kontroler memori yg mendukung memori kanal ganda. Prosesor ini merupakan prosesor pertama yg kompatibel terhadap komputasi 64bit. Prosesor ini menggunakan teknologi AMD 64 yg bisa bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.

  1. 6.    AMD Athlon 64 FX
    1. a.        Dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan penuh
    2. b.        Menawarkan perlindungan virus yg disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.
    3. c.         System PC yg berbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yg antusias, penggemar olah Video-Audio (multimedia) dan para pemain Game.
    4. 7.    AMD Sempron

Prosesor ini adalah sebuah jajaran prosesor yg diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron dipasar computer murah, untuk bersaing dengan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. AMD Sempron soket A
  2. AMD Sempron Soket 754

Versi soket A dari AMD Sempron adalah varian dari Sempron yg dibuat berdasarkan prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred, karena pada saat itu AMD memang telah meluncurkan prosesor untuk pasar High-End AMD Athlon 64.

AMD Sempron soket 754 adalah prosesor Sempron yg dibangun diatas arsitektur AMD64 demi meningkatkan kinerja yg dimilikinya.

AMD Sempron memiliki kode nama Palermo yg sama seperti AMD Sempron soket A. Tetapi beberapa seri AMD Sempron fitur 64bit tidak diaktifkan sehingga hanya dapat mengeksekusi instruksi 32bit saja. Seperti halnya AMD Athlon 64 prosesor ini dilengkapi dengan satu buah link HyperTransport yg dapat dikoneksikan ke chipset motherboard.

 

 

  1. 8.    AMD 64 X2 Dual Core

Prosesor ini dapat menyaingi akan yang dikembangkan Intel dengan prosesor Core Duo nya. Tetap berbasis teknologi 64 bit, prosesor ini ditujukan bagi kalangan pengguna media digital yg intensif.

Fitur lainnya yaitu dilengkapi dengan teknologi seperti HyperTransport yg mampu meningkatkan kinerja system secara keseluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input output, meningkatkan bandwith, mengurangi latency system. Pendekatan yg digunakan disini adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya terintegrasi sehingga membantu mempercepat akses ke memori, dengan menyediakan jalur dari prosesor langsung ke memori utama. Hasilnya, bisa menikmati loading aplikasi yg lebih cepat dari performa aplikasi yg lebih meningkat.

  1. 9.    AMD Opteron

Prosesor ini 64 Bit yg dirilis untuk pasar workstation dan server pada tahun 2003. Fitur-fitur yang dimiliki :

  1. Cahche level-1 sebesar 128 KB yg terbagi ke dalam data chache 64 KB dan instruction cache 64 KB.

b. Chache level-2 sebesar 1024 KB

  1. Kecepatan dari 1400 MHz – 3000MHz

d. Memiliki 3 buah link HyperTransport dengan kecepatan 3200 Mbit/s

  1. Mampu mengakses memori fisik hingga 1 terabyte
  2. Tersedia dalam single-core, dual-core, quad-core

Prosesor ini untuk menandingi prosesor Intel Xeon di pasar Workstation dan Itanium dipasar High-End. Dibanding Intel Xeon yg berbasis mikroarsitektur Intel Netburst, AMD Opteron ini dapat dibilang menang telak dilihat dari kinerja yg ditunjukkan tiap watt yg digunakan (performance/watt), akan tetapi belum dapat menandingi efisiensi akan prosesor Intel Itanium.
AMD juga akan meluncurkan AMD Opteron Quad Core di tahun 2008, prosesor AMD Opteron Quad Core menggunakan 4 inti mampu mendukung DIMM dan menambahkan satu level L3-Chache.

 

 

Gambar Processor AMD

  1. b.      Motherboard (Mainboard)

Mainboard merupakan papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam omponen komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain. Meskipun mainboard tidak secara langsung tergolong sebagai alat proses, namun keberadaannya sangat penting dalam komputer. Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada komputer. Chipset dan program BIOS yang terdapat pada mainboard berfungsi untuk mengatur dan mengkomunkasikan data maupun informasi yang diproses di komputer.

Sistem unit berhubungan dengan perangkat input (mouse, keyboard, joystick) maupun perangkat output (monitor, printer) melalui terminal yang dikenal dengan istilah port-port koneksi. Letak port-port koneksi ini sebagian besar terdapat dibagian belakang kotak komputer.

 

Gambar Mainboard

 

  1. c.       RAM (Random Access Memory )

RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan sequential memory (memori urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari memori tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Ada beberapa tipe RAM yang digunakan dalam sistem komputer modern, yaitu SRAM (Static RAM), DRAM (Dynamic RAM), NVRAM (Non-Volatile RAM), dan DDR RAM (Double Data Rate RAM). Kapasitas memori bervariasi, mulai dari 512 MB, 1 GB, 2 GB hingga 4GB.

 

Gambar Memory

  1. Harddisk
    Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang terletak di dalam kotak CPU. Alat ini memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di dalamnya sehingga disebut cakram keras. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson, pada 1956. Pada saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan dengan ukuran 0,6 meter, memiliki kecepatan 1.200 rpm (rotation per minutes) dan kapasitas 4,4 MB (4,4 juta byte). Kapasitas yang terbilang sangat kecil untuk ukuran saat ini.

Perkembangan hardisk begitu pesat. Dari ukuran 0,6 meter menjadi hanya 0,6 centimeter, dari kapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan hingga 10.000 rpm. Saat ini hardisk tidak hanya ditempatkan di dalam kotak CPU, tetapi juga dijadikan external drive dengan koneksi USB atau Firewire.

 

Gambar Harddisk

 

  1. e.       Power Suply

Masih bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam CPU yaitu power supply. Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX.

 

Gambar Harddisk

  1. Unit keluaran (output device)

Informasi yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat
output. Beberapa alat output yang banyak digunakan dalam sistem komputer adalah
sebagai berikut.

  1. Monitor

Monitor adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah maupun hasil pengolahan data secara langsung. Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor, yakni;

  • Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

Menggunakan tabung elektronik yang didalamnya terdapat suatu perangkat yang mengirimkan elektron-elektron RGB (Red Green Blue) ke layar monitor untuk membuat suatu tampilan gambar.

  • Monitor LCD (Liquid Crystal Display).

Teknologi baru yang memungkinkan ukiran monitor menjadi jauh lebih tipis dengan layar yang datar. Teknologi ini juga diterapkan pada layar laptop atau notebook.

Kualitas tampilan pada monitor dilihat dari resolusi layar (screen resolution). Pengukuran resolusi atau ketajaman gambar ini diukur dengan satuan pixel. Pixel adalah suatu elemen informasi terkecil yang bisa ditampilkan pada layar monitor.

Jumlah warna yang mampu ditayangkan monitor bervariasi mulai 256 color, 16 bit color (high color) hingga 24 bit color (true color).

     Sebagai contoh, resolusi 1.024 x 768 memberikan arti bahwa monitor mengandung 1.024 baris pixel dan 768 kolom pixel. Dengan kata lain, jumlah pixel yang menyusun tampilan gambar pada monitor sebesar 1024 x 768 pixel

     Salah satu faktor penting dalam penggunaan monitor adalah frekuensi dari pembentukan tampilan gambar pada layar monitor yang disebut  refresh rate (kecepatan pergantian gambar). Sebagai contoh monitor dengan refresh rate 75 Hz, berarti tampilan gambarnya diproses dalam 75 kali per detik. Semakin tinggi gambarnya nilai refresh rate, maka semakin cepat pula proses penampilan suatu gambar pada layar monitor. Sedangkan, refresh rate (u/ monitor CRT) yang tersedia saat ini dari 60 Hz sampai 90 Hz dengan ukuran  monitor bervariasi dari 15” hingga lebih dari 20”. Semakin besar ukuran monitor akan memberikan detail gambar yang lebih berkualitas.

 

Gambar Monitor LCD

  1. b.      Printer

Printer adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil cetakan dapat berupa teks, angka, maupun gambar. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser.

     Printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat tulisnya berupa jarum, mirip dengan mesin ketik. Meski printer ini sudah jarang digunakan, namun kalangan bisnis dan perkantoran masih banyak yang menggunakan karena hemat tinta dan dapat memghasilkan cetakan rangkap (misalnya untuk faktur dan kuitansi).

     Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang disemprotkan ke atas kertas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer.

     Printer laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta serbuk, serupa dengan mesin fotocopy. Tinta serbuk tersebut disemprotkan ke atas kertas dan dipanaskan hingga suhu tertentu agar melekat. Di antara ketiga jenis printer tersebut, printer laser memiliki kualitas cetakan yang paling baik. Ukuran kecepatan mencetak sebuah printer biasanya dinyatakan dalam satuan cps (character per second), lpm (line per minute) atau ppm (page per minute).

 

Gambar Printer Laser

 

 

  1. c.       Proyektor LCD

Proyektor LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Alat ini biasanya digunakan sebagai alat bantu saat presentasi dan rapat maupun sebagai media pembelajaran. Selain dihubungkan ke komputer, alat ini dapat juga dihubungkan ke VCD/DVD player sehingga dapat difungsikan sebagai home theater. Ukuran kekuatan sinaryang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas cahaya yang dipancarkan suatu proyektor LCD.

 

Gambar Proyektor LCD

 

  1. d.      Speaker

Speaker merupakan alat output audio. Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer. Saat ini, komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat komputasi, namun juga menjadi media hiburan. Tidak heran jika produk-produk speaker aktif untuk komputer memiliki kualitas suara yang bagus.

 

Gambar Speaker

 

  1. Unit Penyimpanan (Backing Storage)

Salah satu alat yang penting dalam Central Processing Unit (CPU) adalah data storage (media menyimpan data). Data storage adalah suatu alat dimana data – data disimpan.
Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Dapat juga dikatakan sebagai Electronic Filing Cabinet pada sistem komputer. parameter-parameter terpenting dalam sebuah sistem memori atau data storage, seperti Kapasitas (capacity), yaitu jumlah maksimum unit data yang dapat disimpannya. Waktu pengaksesan (access time), yaitu waktu yang diperlukan untuk mengakses data.

Memory

Pengertian :

Suatu penanaman konsep yang bisa menyimpan data dan program.

Fungsi :

  • Dapat menerima informasi-informasi baru yang dapat disimpan oleh memori tersebut.
  • Dapat memanggil kembali informasi-informasi yang telah disimpan untuk dikeluarkan kembali.

Memori merupakan suatu istilah yang sangat umum dari suatu media yang lain yang dipakai untuk menyimpan sesuatu data ataupun informasi.

Berdasarkan letaknya memori dibagi menjadi dua bagian :

  1. a.      Internal memory Device

Yaitu memori tempat data atau informasi yang akan segera dipakai oleh CPU untuk diproses.

Contoh :

  • ROM (Read Only Memory) merupakan suatu memori yang digunakan untuk penyimpanan data secara permanen. ROM ini tidak dapat diisi dengan data lain selain modul program yang diisi pada waktu pembuatan oleh pabrik.
  • RAM (Random Acces Memory) merupakan suatu memori yang digunakan untuk penyimpanan data sementara dan pada memori ini dapat diisi, ditulis ataupun dibaca.
  1. b.      External Memory

Media penyimpanan data eksternal  atau juga disebut removable drive adalah media simpan data yang dapat dipindah-pindahkan dengan mudah dari satu komputer ke komputer lain. Yang termasuk media penyimpan eksternal diantaranya adalah :

  • Disket

Media penyimpan data disket atau floppy disk yang ada terakhir  berukuran 3,5” dengan kapasitas maksimum 1,44 mb.

 

  • CD (Compact Disc)

Piringan optik adalah piringan yang terbuat dari bahan fiber dengan kemampuan menampung data sebesar 700 mb.

Piringan ini beasa disebut sebagai compact disc atau laser optical disk. Beberapa tipe piringan optik : CD-Recordable (CD-R), CD-Rewritable (CD-RW)

  • DVD (Digital Versatile Disk)

Dengan kapasitas menampung data sebesar 4,7 gb

  • USB Flash Disk

Merupakan media simpan eksternal yang menggunakan port USB untuk hubungannya dengan komputer. USB Flash Disk merupakan alternatif terbaik untuk memindahkan data. Kapasitas Flash Disk bervariasi, contoh; 512 mb, 1 gb hingga beberapa gb.

  • MMC (Multi Media Card)
  • Hard Disk External 2,5″ dan 3,5″

Mempunyai kapasitas yang besar, contoh ; 250 gb, 320 gb, 500 gb, hingga sudah mencapai terabyte.

  1. II.  Perangkat Lunak Komputer (Software)

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

  1. Mengidentifikasi program
  2. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
  1. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.

Macam-macam Perangkat Lunak

Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :

1.  Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :

  • ·Menyimpan program dan aksesnya
  • ·Membagi tugas di dalam CPU
  • ·Mengalokasikan tugas-tugas penting
  • ·Merekam sumber-sumber data
  • ·Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
  • ·Memeriksa kesalahan sistem
  • ·Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
  • ·Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID

Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

2.  Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu. Program aplikasi ini dapat berjalan di lingkungan system operasi tertentu apakah itu windows, linux maupun system operasi yang lain. Program aplikasi dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori berdasarkan fungsi dan tujuan pembuatannya. Kelompok aplikasi diantaranya meliputi; program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3.  Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :

  • ·Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

  • ·Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.

  • ·Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

4.  Program Bantu (Utility)

Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

Contoh software ini diantaranya :

  • Norton Utility
  • Winrar
  • TuneUp Utilities
  • Antivirus, dsb
  1. III.   Manusia (Brainware)

Brainware adalah bagian penting dari sebuah system komputasi, perangkat keras tidak dapat berkerja tanpa perangkat lunak, sementara perangkat lunak dan perangkat keras memerlukan brainware untuk menjalankannya.

Secara harafiah, brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini otak manusia) yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras dan lunak yang ada.

Ada beberapa jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing, diantaranya :

  1. Programer

Merupakan orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool(alat) programming yang tersedia

  1. System Analyst

Merupakan orang yang mempelajari sebuah proses bisnis, yang menuangkannya dalam sebuah rancangan system sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat diwujudkan dalam system komputerisasi yang terintegtrasi.

  1. System Administraror

Merupakan orang yang bertugas untuk mengelola sebuah system komputer yang dirancang oleh system analyst dan dibuat oleh programmer

  1. Database Administrator

Orang yang mengelola sebuah system database

  1. Database Engineer

Merupakan orang orang yang merancang sebuah system data base sehingga system ini dapat mengakomodir kebutuhan akan pegolahan data, baik saat ini maupun yang akan datang

  1. System Integrator

Merupakan orang yang membangun system komputer yang telah dirancang oleh system analyst yang mengintegrasikan system yang mungkin akan dibangun kemudian hari

  1. Network Designer

Orang yang merancang sebuah system jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal peforma pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya

  1. Network Engineer

Merupakan orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang networking, orang ini bertanggung jawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking

  1. Software Engineer

Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah perangkat lunak (aplikasi, driver, system operasi)

  1. Hardware Engineer

Orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik terbaru dalam pembuatan sebuah perangkat keras sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih dari sebelumnya

  1. System Auditor

Merupakan orang yang bertugas mengaudit sebuah system komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan dari sebuah system komputerisasi, sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangkan system yang ada menjadi lebih sempurna lagi

  1. Pengguna (user)

 

III. Memahami Fungsi dan Proses Kerja Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tahukah kita apa yang disebut dengan Teknologi Informasi ?, Teknologi Informasi (TI) atau Information Technologi (IT) merupakan teknologi yang menggabungkan komputasi (aplikasi komputer) dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara, maupun video. Teknologi Informasi merupakan bagian dari System Informasi. Teknologi informasi terkait erat dengan Komputer sehingga istilah Teknologi Informasi selalu menyiratkan System maupun Teknologi Komputer yang berkembang bersamanya secara dinamis.

Teknologi Informasi juga terkait dengan teknologi komunikasi yang menyediakan media penyaluran informasi. Oleh karena itu teknologi informasi mempunyai arti yang sama dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

  1. Siklus Pemrosesan Informasi dan Sistem Komunikasi
    1. 1.      Siklus Pemrosesan Informasi pada Komputer

Seperti kita ketahui dalam sebuah system komputer terdapat 3 hal pokok, yaitu input, pemroses dan output. Sinyal atau data input dari input device akan dikirim ke unit pemroses (CPU berisi processor dan peripheral pendukungnya) untuk kemudian disajikan sebagai output (hasil) sebagai informasi. Output hasil pemrosesan oleh komputer dapat berupa hardcopy maupun softcopy. Contoh hardcopy adalah hasil cetakan/printout. Softcopy, yaitu output berupa file elektronis atau digital yang dapat disimpan dalam media penyimpanan untuk nantinya dipergunakan lagi pada waktu lain.

Sedangkan output hasil proses tadi dapat juga berfungsi sebagai input proses berikutnya. Sebagai contoh, output berupa softcopy (file dapat berlaku sebagai input yang diproses kembali menghasilkan output cetak (hardcopy). Demikian juga output berupa hardcopy (print out) dapat berperan sebagai input (menggunakan input divice, misalnya scanner) untuk kemudian diproses lagi. Untuk melakukan aktivitas penggunaan IT tersebut tentu saja diperlukan user (brainware) yang akan mengoperasikan peralatan tersebut.

Tahukah kita bagaimanakah informasi yang telah diproses dalam sebuah system komputer disebarkan atau didistribusikan ?. Untuk hardcopy dapat disebarkan secara manual, dikirim atau dibagikan kepada pihak yang memerlukan informasi. Softcopy dapat disebarkan menggunakan media penyimpanan eksternal yang dapat dipindah-pindah (CD, DVD, flashdisk). Distribusi output proses berupa softcopy dapat juga dilakukan menggunakan fasilitas jaringan komputer LAN, WAN  atau internet melalui email dan sebagainya, ini lebih efisien karena tidak memerlukan media penyimpanan eksternal untuk distribusi datanya. Komputer yang berada dalam sebuah jaringan dapat saling saling bertukar informasi (data/file) secara langsung tanpa perantara media penyimpanan eksternal dan untuk wilayah yang berjauhan sangat menguntungkan.

Perangkat atau peripheral yang dibuthkan untuk membuat jaringan komputer antara lain adalah :

  1. Kartu jaringan atau Network Interface card (NIC)
  2. Kabel jaringan
  3. Konektornya
  4. Hub (untuk jaringan topologi star)

Dalam sebuah jaringan komputer, distribusi data dapat dilakukan secara langsung antar-komputer tanpa melibatkan media simpan data eksternal, tetapi melalui kabel kabel jaringan atau gelombang elektromagnetik atau wireless.  Penyebaran informasi secara manual ( dikirim hardcopy-nya atau softcopy dalam bentuk CD melalui pake/pos) akan memerlukan waktu relative lama. Salah satu alternative yang ditempuh berikutnya adalah menggabungkan teknologi jaringan komputer dan teknologi komunikasi yang menghasilkan jaringan informasi berbasis komputer, yang memanfaatkan jaringan telekomunikasi. Dengan penggabungan teknologi ini, sebuah komputer yang terhubung ke sebuah saluran telekomunikasi dimungkinkan untuk tukar menukar data/informasi dengan komputer lain yang juga terhubung dengan saluran telekomunikasi tersebut secara cepat.

Pada puncaknya muncul teknologi internet (interconnected networking) yang merupakan gabungan jaringan di seluruh dunia yang membentuk jaringan system informasi global. Dengan teknologi ini kita dapat mengirimkan informasi berbentuk file (softcopy) secara cepat ke manapun di seluruh dunia, asalkan jaringan internet sudah menjangkaunya.

  1. 2.      Sistem Komunikasi

Pasti kita pernah mendengar istilah komunikasi, apakah komunikasi itu ?. Komunikasi secara praktis dapat diartikan sebagai hubungan. Dalam hubungannya dengan system informasi, komunikasi dapat berarti hubungan yang melibatkan proses transfer informasi/data.

Dalam sebuah komunikasi terdapat beberapa komponen pokok, yaitu :

  1. Pengirim informasi/ pesan
  2. Media komunikasi data
  3. Penerima

Selain itu juga diperlukan aturan/pedoman dalam komunikasi tersebut. Pengirim akan mengirim pesan menggunakan suatu medium tertentu dan selanjutnya informasi akan sampai ke penerima. Dalam hal ini, medium dapat berarti bentuk, yang meliputi audio, visual, audiovisual.

Perkembangan Teknologi komunikasi saat ini sangat pesat seiring berkembangnya teknologi informasi, keduanya tak dapat dipisahkan. Gabungan antara teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

  1. V.      Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
    1. 1.      Teknologi Telekomunikasi

Komunikasi sebenarnya sudah terjadi sejak manusia ada. Di zaman pra sejarah pun sudah terjadi komunikasi. Sebelum digunakannya bahasa lisan, salah satu kemungkinan alat komunikasi yang digunakan adalah bahasa isyarat dengan gerakan anggota tubuh. Pada masa berikutnya mulai dimungkinkan komunikasi menggunakan bahasa lisan. Namun, hal itu merupakan bentuk komunikasi jarak dekat. Kemudian terjadi perkembangan kebutuhan akan informasi dengan cepat dengan jarak yang relative jauh. Komunikasi jarak jauh atau dikenal dengan istilah telekomunikasi mengalami perkembangan yang cukup beragam di berbagai belahan dunia. Sebagai contoh suku Indian menggunakan kode berupa asap untuk saling berkomunikasi jarak jauh antar desa. Bentuk dan warna asap yang berbeda memberikan informasi (kabar) yang berbeda pula kepada penerimanya.

Negara Indonesia, terutama di Jawa, dikenal alat komunikasi tradisional menggunakan bunyi kentongan. Bunyi kentongan  dengan ritme tertentu memberikan informasi yang tertentu pula sehingga ritme menentukan jenis informasi.

Berkembangnya jenis informasi dalam bentuk tulisan, komunikasi jarak jauh dapat dilakukan melalui surat dengan jasa seorang kurir atau tukang pos. Dalam perkembangan selanjutnya muncul perusahaan penyedia jasa pengiriman surat ke berbagai tempat.

Dengan perkembangan teknologi telekomunikasi mengalami lompatan besar dengan ditemukannya telegraph (tele=jauh, graphein=tulisan). Telegraph memngkinkan dikirimnya pesan teks ke tempat yang jauh dengan bantuan kode morse (terdiri atas titik dan setrip). Pesan teks telegraph (disebut telegram) dikirimkan dari satu kantor layanan telegraph ke kantor layanan telegraph lain dalam sebuah jaringan telekomunikasi.

Selanjutnya ditemukannya system komunikasi radio dan mesin telepon, fungsi telegraph mulai  tergantikan. System komunikasi radio menggunakan gelombang elektromagnetik memberikan alternative baru dalam berkomunikasi. Pesawat telepon yang memungkinkan komunikasi suara jarak jauh secara langsung, jauh lebih efektif.

Selanjutnya teknologi telekomunikasi terus berkembang pesat didukung oleh kemajuan teknologi di bidang elektronika.

Saat ini kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi telekomunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya. Saat ini terjadi persaingan yang ketat antara 2 teknologi komunikasi yaitu selular dan FWA (fixed Wireless Access).Adapun perkembangan teknologi komunikasi terutama teknologi selular sudah di mulai sejak pertengahan tahun 90 an dengan mengusung teknologi 1G (Generasi Pertama) dengan menggunakan teknologi AMPS (Advance Mobile Phone System). Dimana teknologi AMPS ini pertama kali dipergunakan oleh pihak militer di Amerika Serikat.

Dalam kurun waktu 10 tahun sejak lahirnya AMPS sudah terjadi perkembangan yang sangat pesat dengan berbagai penemuan atau inovasi teknologi komunikasi dan , akhir tahun 90 an muncullah teknologi 2G (Generasi Kedua). perbedaan utama dari teknologi G1 dan G2 adalah g1 masih menggunakan sistem Analog sedangkan G2 sudah menggunakan sistem Digital. Teknologi 2G dapat dibagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu TDMA (time division multiple access) dan CDMA (code division multiple access). TDMA sendiri berkembang ke dalam beberapa versi, yaitu GSM di Eropa, IDEN di Amerika, PDC di Jepang. Sedangkan CDMA berkembang pesat di AS dan Kanada. Kemampuan mencolok teknologi 2G adalah tidak hanya dapat digunakan untuk telpon,(voice)  tetapi juga untuk mengirim SMS (Short Message Service) yaitu mengirim pesan singkat dengan menggunakan text. Dengan adanya kehadiran teknologi generasi kedua, maka muncullah telnologi selular yg baru yaitu, GSM (Global System for Mobile communications) Suatu sistim komunikasi wireless 2G. Frekuensi yang dapat digunakan dalam GSM adalah 850Mhz, 900Mhz, 1800Mhz dan 1900Mhz.  Generasi selular kedua yang mempebaharui generasi pertama dalam bidang teknologinya yaitu digital, yang pada teori dasarnya merupakan pembaharuan dalam bidang transfer data, contohnya adalah GSM (menggunakan protokol CSD, HSCSD, GPRS dan EDGE) dan cdmaOne. Dengan adanya teknologi Generasi Kedua ini membuat perkembangan teknologi semakin cepat dengan menghadirkan berbagi kelebihan/fitur yang ditawarkan teknologi generasi kedua ini selain mengirim SMS dan voice. Tapi semua kelebihan ini juga masih belum memuaskan para ahli untuk mengembangkan teknologi yang lebih bagus dengan segala kelebihannya dri teknologi terdahulu (generasi pertama dan kedua).

Maka awal tahun 2000 an muncullah teknologi generasi 2.5 (2.5 G) yang mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat. Yang terkenal dari generasi ini adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) Suatu protokol yang mengatur cara kerja transfer data pada sistim wireless GSM. Dalam teorinya kecepatan transfer data EDGE dapat mencapai 384 Kbps. Teknologi 2G ada perbaikan cukup signifikan, sehingga muncullah variannya, yaitu 2.5G dan 2.75G. Varian ini tidak dibuat oleh konsorsium, tetapi sebagai strategi pemasaran oleh beberapa pabrik ponsel. Ciri khas teknologi 2.5G (generasi dua setengah) adalah teknologi GPRS (global package radio service) yang dapat digunakan untuk berkirim data dalam jumlah besar, tidak seperti SMS yang hanya dapat mengirim dan menerima alfa numerik saja. Generasi 2.5G ini ada juga yang menamakannya dengan generasi 2.75G, karena lebih dekat dengan teknologi 3G. Teknologi 2.5G (atau 2.75G) ini, di sistem GSM disebut sistem EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) sedang pada sistem CDMA disebut dengan CDMA 2000 1x. Keduanya memiliki kecepatan transfer data mendekati 144KB/detik. Evolusi dan perkembangan teknologi komunikasi ini tidak berhenti sampai disini, Negara-negara besar di Dunia baik itu Eropa, Asia & Amerika secara berlomba-lomba mengembangkan inovasi dan penelitian untuk menghadirkan teknologi yang mutakhir. Setelah adanya teknologi Generasi Pertama, Kedua dan teknologi 2.5 G, maka disusul kemudian dengan Generasi Ketiga (3G) yang menawarkan kelebihan yg lebih baik lagi baik dari segi kemampuan fitur dan Transfer Data dengan memiliki kecepatan Transfer data lebih cepat dari sebelumnya dalam menghadirkan layanan yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan.

  1. 2.      Teknologi Komputer

Awal perkembangan komputer dimulai dengan adanya perkembangan teknologi komputasi (penghitungan). Berikut adalah perkembangan teknologi komputer yang diurutkan berdasarkan tahun terjadinya.

1617. Jonn Napier ahli matematika Scotlandia menemukan logaritma dan membuat mesin penghitung mekanis yang menggunakan batang-batang atau tulang-tulang. Oleh karena itulah alat tersebut diberi nama Napiers ‘bones (tulang-tulang napers)

1823. Seorang Insinyur Inggris, Charles Babbage menemukan komputer mekanis pertama yang diberi nama Difference Engine.

1834. Babbage mendesain dan mulai merakit ‘Anilytic Engine’. Augusta Lovelace menulis program komputer yang pertama

1948. Komputer pertama yang menggunakan program yang tersimpan didalamnya dirakit di Manchester University.

1962. ‘spacewar’, game grafis komputer pertama dibuat.

1968   Douglas Englebart mendemonstrasikan ‘windows’ dan mouse di San Fransisco

1969. Myron Krueger mengembangkan prototype pertama Virtual reality.

1975. Bill Gate dan Paul Allen mendirikan Microsoft.

1981. IBM memperkenalkan personal komputer (PC) pertama

1983. Microsoft merilis versi pertama windows.

1984. Apple-Mac meluncurkan DNS (Domain Name System). Jumlah komputer yang terhubung ke Internet mencapai 1000

1989. Berners-Lee mengembangkan Hypertext Markup Language (HTML) and the World Wide Web (WWW) di Jenewa. Jumlah komputer yang terhubung ke Internet mencapai 100.000

1990. Archie (alat pencarian) diluncurkan oleh McGill University. Microsoft meluncukan system operasi MS Windows 3.0

1991. CERN meluncurkan WWW. Gopher diluncurkan di University of Minnesota

1992. Veronica (alat pencari) dirilis oleh University of Nevada

1993. Marc Andreessen, NCSA dan University of Illionis mengembangkan Mosaic-antarmuka grafis pertama WWW

1994. E-commerce pertama muncul di Web. System operasi open source Linux 1.0 diluncurkan

1995. Search Engine pertama dikembangkan, Sun merilis JAVA programing

1998. Extensible Markup Language (XML) diperkenalkan. Terjadi booming dotcom. Ukuran Web diperkirakan mencapai 320 juta halaman.

2003. Google mengklaim mampu mendeteksi 3,6 milyar halaman web

Dari segi hardware, komputer modern juga mengalami berbagai tahap perkembangan yang sangat cepat. Di awal perkembangan komputer modern, ukuran komputer sangat besar karena menggunakan komponen berupa dioda tabung hampa yang besarnya seperti almari. Dengan ditemukannya transistor, ukuran komputer dapat diperkecil sehingga lebiah praktis. Dengan dikembangkannhya komponen elektronika IC (Integrated Circuit), ukuran komputer dapat menjadi lebih kecil lagi dengan kinerja atau kemampuan mengolah informasi semakin meningkat.

Perkembangan selanjutnya adalah, disamping personal computer (PC) yang dapat diletakkan di media meja belajar, ada komputer laptop / notebook yang mobile. Ukuran yang cukup kecil dan praktis itu masih dibuat makin praktis lagi dengan dibuatnya komputer saku (pocket PC) atau PDA (Personal Data Assistant). Degan berbagai fasilitas sarat muatan teknologi, komputer sekarang ini benar-benar mampu mempermudah pekerjaan manusia, serta menghemat waktu dan tenaga. Penggabungan fasilitas komputer dengan fasilitas telekomunikasi dakan menjadikan batas-batas jarak dan wak tak lagi merupakan kendala untuk berkomunikasi secara cepat.

 

  1. VI.   Perangkat Keras Teknologi Informasi dan Komunikasi

Komputer merupakan sebuah media teknologi informasi yang digunakan untuk mencari dan menghasilkan informasi. Sebuah PC dapat dihubungkan ke saluran telekomunikasi (misal jaringan telpon) agar dapat mengakses informasi global dari jaringan komputer global (internet). Oleh karena komputer hanya mampu mengolah sinyal digital, sedangkan saluran telepon hanya mampu meneruskan sinyal analog maka diperlukan alat tambahan untuk mengkonversi sinyal digital menjadi sinyal analog, dan sebaliknya yang disebut Modem.

Istilah Modem merupakan kependekan dari “modulator demodulator”. Modem bekerja mengkonversi sinyal digital dari komputer ke bentuk sinyal analog untuk ditransmisikan melalui line telepon. Modem pada komputer penerima selanjutnya mengkonversi sinyal analog yang diterimanya menjadi sinyal digital untuk diteruskan ke komputer penerimanya. Ada beberapa tipe modem.  Ada modem yang hanya dapat melakukan pertukaran data saja, ada juga tipe modem yang dapat melakukan pertukaran dan juga dapat berfungsi sebagai mesin faksimili (fax) dan masih banyak tipe modem yang lain.

Dari cara pemasangannya dalam CPU komputer, ada 2 macam modem, yaitu:

  1. Modem Eksternal

Perangkat yang dipasang di luar CPU yang dihungkan ke CPU melalui port serial ataupun port USB

  1. Modem Internal

Peralatan yang dipasang di dalam CPU komputer (berupa card)

Jika kita memiliki komputer dan saluran telepon (rumah), kita bisa mengakses informasi global di internet dengan menambahkan peripheral berupa modem di komputer kita. Akses internet itu sendiri dapat kita peroleh dengan berlangganan pada penyedia layanan Internet (ISP=Internet Service Provider).

Pada hakikatnya, internet merupakan kumpulan jaringan internet yang terhubung melalui saluran komunikasi. Saluran komunikasi tersebut dapat berupa jaringan berkabel (wired atau wireline) atau jaringan nirkabel (wireless) yang saat ini sudah mulai berkembang.

VII.Jaringan Informasi dan Komunikasi Berkabel (wireline)

       Wireline adalah media transmisi dengan menggunakan kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima.Wireline biasanya digunakan untuk jaringan dalam jarak dekat seperti dalam satu kantor atau gedung. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan wireline dapat digunakan untuk jaringan komunikasi jarak jauh, seperti pada pesawat telepon dan sambungan Internet. 

Jaringan informasi dan komunikasi yang dalam hal ini diwakili oleh teknologi jaringan komputer dapat menggunakan media transmisi berupa kabel dengan beberapa tipe. Sebagai kabel jaringan dapat digunakan kabel koaksial (coaxial cable), kabel UTP (Unshielded twisted pair), ataupun Fiber optic (FO).

Komputer client dalam jaringan harus dilengkapi dengan antarmuka jaringan berupa NIC (network interface card) seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Tipe NIC yang digunakan harus sesuai dengan tipe kabel jaringan yang digunakan untuk membangun jaringan.

Untuk jaringan bertopologi star diperlukan hub atau conectrator sebagai pusat pengendali yang mengatur transmisi data.

       Hub digunakan pada jaringan bertopologi Star. Hub berfungsi sebagai pusat pngendali atau terminal dasri setiap user atau client yang terhubung dalam jaringan.

Untuk hubungan antar jaringan komputer diperlukan sebuah gateway sebagai gerbang keluar /masuknya data dari dan keluar jaringan. Untuk memberikan akses internet ke sebuah jaringan komputer, cukup disediakan satu sambungan ke saluran telekomunikasi (1 modem). Sebuah komputer induk (server) akan mengatur pembagian akses internet ke seluruh komputer anggota jaringan. Jadi, tidak perlu dipasang modem pada setiap komputer anggota jaringan, cukup satu saja pada komputer server.

Jaringan berkabel mampu menjangkau tempat yang jauh, tentu  saja dengan menambahkan kabel ke tempat tersebut. Hal ini yang mengakibatkan biaya untuk membangun jaringan berkabel relative mahal karena memerlukan kabel untuk menjangkau setiap client jaringan dan untuk menjangkau lebih jauh diperlukan penguat sinyal agar sinyal tidak habis di tengah jalan.

  1. VIII.       Jaringan Informasi dan Komunikasi Nir kabel (wireless)

Dalam jaringan komputer wireless tidak menggunakan kabel sebagai peghubung user atau client yang terhubung dalam jaringan tersebut. Sebagai ganti kabel jaringan digunakan  gelombang radio. Teknologi jaringan nirkabel yang biasa digunakan adalah teknologi Wifi (Wireless Fidelity). Dalam hal ini, tiap komputer anggota jaringan bukan dilengkapi NIC, melainkan sebuah wifi card. Dan sebagai ganti hub untuk jaringan wireless bertopologi star digunakan Wireless access Point. Point yang sekarang beredar dengan beberapa merk dan failitas.

Jaringan wireless (Nir Kabel) menggunakan gelombang radio  berfrekuansi tigggi, sehingga jangkauannya terbatas. Area yang masih terjangkau sebuah penyedia jaringan wireless dikenal dengan istilah hotspot. Komputer (laptop) dengan fasilitas wifi (dilengkapi wifi card) yang berada di daerah hotspot dapat dihubungkan pada jaringan wireless di tempat itu, Sesekali terhubung dengan jaringan wireless di tempat itu, komputer kita dapat mengakses fasilitas jaringan tersebut, misalnya koneksi ke internet. Tentu saja ada aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh pengguna jaringan wireless tersebut.

Bluetooth merupakan salah satu peralatan wireless berjangkauan terbatas yang biasanya digunakan sebagai pengganti kabel penghubung peralatan ke komputer, bukan pengganti kabel jaringan. Bluetooth biasanya digunakan untuk menghubungkan dengan printer, scanner, ataupun keyboard tanpa menggunakan kabel. Fasilitas HP sekarang sudah banyak dilengkapi bluetooth, sehingga komunikasi data dari HP ke HP, maupun dari HP ke perangkat lain lebih mudah tanpa menggunakan kabel data sebagai media transmisi data.

Pada komputer yang belum memiliki fasilitas bluetooth dapat dipasang adapter bluetooth dengan interface USB. Kelemahan bluetooth adalah perangkat ini harus bebas dari halangan, karena sinyal tidak dapat menembus halangan.

Pernahkah kita berfikir bagaimana cara agar jaringan wireless mampu menjangkau tempat seluruh dunia ?, yaitu kita memerlukan satelit. Satelit komunikasi yang mengorbit bersama bumi akan membantu memperluas jangkauan jaringan wireless. Jaringan wireless yang dilengkapi satelit memerlukan perlengkapan tambahan berupa antena parabola dan modem satelit. Modem satelit berbeda dengan modem untuk telepon biasa. Sistem komunikasi menggunakan satelit untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer wireless (nir kabel) dengan jarak yang jauh.

  1. IX.   Perangkat Lunak Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Membahas Teknologi Informasi dan Komunikasi erat kaitannya dengan penggunaan komputer dan yang dimaksud perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi, tak lain adalah perangkat lunak aplikasi komputer untuk mengakses informasi. Dewasa ini arus informasi tak dapat dipisahkan dengan penggunaan internet, sehingga bisa dikatakan bahwa internet merupakan teknologi yang tidak bisa lepas dari orang-orang yang sangat membutuhkan informasi secara luas. Perangkat lunak tersebut yaitu program aplikasi browser. Ada banyak browser yang dapat digunakan untuk mengakses informasi di internet, di antaranya adalah Microsoft Internet Explorer (MSIE), Opera, Mozilla Firefox, Maxthon, dan Netscape.

 

IV. Memahami Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Kita adalah sebagian dari beberapa orang yang ikut menikmati perkembangan teknolgoi informasi dan telekomunikasi, sehingga kita tidak boleh mengabaikan etika moral dalam penggunaan teknologi tersebut. Etika moral yang bagaimana ? Etika moral disini mencakup sikap dan perlakuan kita  untuk menghargai hasil karya orang lain atau dengan kata lain menghargai hak cipta.

Dalam dunia teknologi dan informasi khususnya komputer, hak paten terhadap merek dagang juga diperlakukan. Merek-merek dagang yang telah mendapat hak paten akan mendapatkan kekuatan hukum, sehingga produk ciptaannya tidak bisa dipakai orang lain tanpa seijin pemilik hak cipta/paten.

  1. Beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat perusahaan-perusahaan besar :
    Microsoft Corp. Mengeluarkan produk software sistem operasi Windows, MS DOS, Software aplikasi Microsoft Office
  2. Adobe Corp. Mengeluarkan produk software aplikasi Adobe Photoshop, Adobe Pagemaker, Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat Reader
  3. Corel Corp. Mengeluarkan produk software aplikasi CorelDraw, WordPerfect
  4. Winzip Computing Corp. Mengeluarkan program utility Winzip Norton Corp. Mengeluarkan produk antivirus Norton

Hak cipta merupakan salah satu bagian dari HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) yang penggunaannya dilindungi  oleh Undang-Undang. Pelanggaran etika moral dalam teknologi informasi dan telekomunikasi tak lagi hanya menuai sanksi psikologis, tetapi dalam batas-batas  tertentu akan mendapatkan sanksi hukum. Dalam hal ini pemerintah telah menetapkan undang-undang perlindungan terhadap komponen-komponen HaKI tersebut.

  1. Hak atas Kekayaan Intelektual Perangkat Lunak

”Hak atas Kekayaan Intelektual” (HaKI) merupakan terjemahan atas istilah ”Intellectual Property Right” (IPR). Istilah tersebut terdiri dari tiga kata kunci yaitu: ”Hak”, ”Kekayaan” dan ”Intelektual”. Kekayaan merupakan abstraksi yang dapat: dimiliki, dialihkan, dibeli, maupun dijual. Sedangkan ”Kekayaan Intelektual”merupakan kekayaan atas segala hasil produksi kecerdasan daya pikir seperti teknologi, pengetahuan, seni, sastra, gubahan lagu, karya tulis, karikatur, dan seterusnya. Terakhir, ”Hak atas Kekayaan Intelektual” (HaKI) merupakan hakhak (wewenang/kekuasaan) untuk berbuat sesuatu atas Kekayaan Intelektual tersebut, yang diatur oleh norma-norma atau hukum hukum yang berlaku.

Beberapa ragam HaKI :

  • Hak Cipta (Copyright) berdasarkan pasal 1 ayat 1 UndangUndang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta: ”Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yangberlaku.”
  • Paten (Patent) berdasarkan Pasal 1 ayat 1 UndangUndang Nomor 14 Tahun 2001 Tentang Paten: ”Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya.” Berbeda dengan hak cipta yang melindungi sebuah karya, paten melindungi sebuah ide, bukan ekspresi dari ide tersebut. Pada hak cipta, seseorang lain berhak membuat karya lain yang fungsinya sama asalkan tidak dibuat berdasarkan karya orang lain yang memiliki hak cipta. Sedangkan pada paten, seseorang tidak berhak untuk membuat sebuah karya yang cara bekerjanya sama dengan sebuah ide yang dipatenkan.
  • Merk Dagang (Trademark) berdasarkan pasal 1 ayat 1 UndangUndang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek: “Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.”
  1. 1.    Hak Cipta Perangkat Lunak

Dalam proses penciptaan perangkat lunak dibutuhkan tenaga, waktu dan biaya yang cukup besar, oleh karena itu perngkat lunak mempunyai nilai komersial yang tinggi. Sehingga untuk melindungi penggunaanya oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, maka diperlukan perlindungan terhadap hak penciptaan perangkat lunak.

Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin, untuk itu  dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal ini berarti bahwa seseorang yang ingin memanfaatkan hasil karya cipta milik orang lain, harus mendapatkan ijin pemilik hak cipta tersebut.

  1. 2.    Menghargai kreasi orang lain

Penghargaan terhadap hasil karya orang lain merupakan salah satu contoh perbuatan bermoral dan beretika tinggi.

Berikut ini beberapa cara menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangkat lunak komputer  :

  • Menggunakan perangkat lunak yang asli atau membeli lisensi pada perusahaan perangkat lunak asli tersebut
  • Tidak membajak, menyalin, atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten
  • Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain
  • Tidak menyalah gunakan perangkat lunak untuk kegiatan kejahatan
  1. II.  Undang-Undang Hak Cipta

Menurut pasal 1 angka 8 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema ataupun bentuk lain yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.

Program komputer sebagai hasil pemikiran intelektual dari pembuat program adalah diakui sebagai suatu Karya Cipta, yaitu karya dari perwujudan cipta, rasa dan karsanya. Hal inilah yan dilindungi oleh hukum. Obyek perlindungan sebuah rogram komputer adalah serangkaian kode yang mengisi instruksi. Instruksi-instruksi dan bahasa yang tertulis ini dirancang untuk mengatur microprocessor agar dapat melakukan tugas-tugas sederhana yang dikehendaki secara tahap demi tahap serta untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Dan di dalam instruksi inilah terlihat ekspresi dari si pembuat program atau pencipta.

Perlindungan yang layak yang diberikan oleh hukum terhadap program komputer ini adalah perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual. Pemberian perlindungan hak kekayaan intelektual ini dimaksudkan untuk melindungi inovasi di dalam program komputer tersebut.

Berdasarkan pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002, Hak Cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Yang dimaksud dengan hak eksklusif di sini adalah bahwa tidak seorangpun yang diperbolehkan untuk mengumumkan, memperbanyak atau menyewakan ciptaannya tanpa izin dari penciptanya. Sedangkan pencipta yang dimaksud dalam pasal ini adalah :

(1) seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecepatan, keterampilan atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi,

(2) orang yang merancang suatu ciptaan, tetapi diwujudkan oleh orang lain dibawah pimpinan atau pengawasan orang yang merancang ciptaan tersebut,

(3) orang yang membuat suatu karya cipta dalam hubungan kerja atau berdasarkan pesanan; Badan Hukum sebagaimana dalam pasal 6-9 Undang-undang Hak Cipta.

Di dalam pengertian Hak Cipta terdapat dua unsur yang penting sebagai hak-hak yang dimiliki si pencipta, yaitu :

  1. Hak ekonomis (economic rights). Hak ekonomis adalah hak yang dimiliki oleh seorang pencipta untuk mendapatkan keuntungan atas ciptaannya. Undang-undang Hak Cipta Indonesia memberi hak ekonomis kepada pencipta, antara lain; hak untuk memperbanyak, hak untuk adaptasi, hak untuk distribusi, hak untuk pertunjukan, hak untuk display.
  2. Hak moral (moral rights). Hak moral adalah hak khusus serta kekal yang dimiliki si pencipta atas hasil ciptaannya, dan hak itu tidak dipisahkan dari penciptanya. Hak moral ini adalah hak pencipta atau ahli warisnya, untuk menuntut kepada Pemegang Hak Cipta supaya nama Pencipta tetap dicantumkan pada Ciptaannya; Memberi persetujuan dalam perubahan hak Ciptaannya; Memberi persetujuan terhadap perubahan atau nama samaran pencipta; Menuntut seseorang yang tanpa persetujuannya meniadakan nama Pencipta yang tercantum pada ciptaannya.

Perlindungan terhadap karya cipta ini diberikan terhadap hasil karya di bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Hal tersebut mencakup karya-karya: buku, program komputer, pamflet, perwajahan, karya tulis, ceramah, kuliah, pidato dan ciptaan lain yang sejenis dengan itu, alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan, lagu atau musik dengan atau tanpa teks, drama atau drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, pantomin, seni rupa dalam segala bentuk seperti seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, dan seni terapan, arsitektur, peta, seni batik, fotografi, sinematografi terjemahan tafsir, saduran, bunga rampai, database dan karya lain dari hasil pengalihwujudan.

Hak cipta memberikan jangka waktu perlindungan terhadap hasil karya atau ciptaan pencipta tersebut selama hidup pencipta dan akan terus berlangsung hingga 50 (lima puluh) tahun setelah pencipta meninggal dunia. Dalam hal ciptaan dimiliki oleh 2 orang atau lebih, maka hak cipta berlaku selama hidup pencipta yang terlama hidupnya dan berlangsung hingga 50 (lima puluh) tahun sesudah pencipta yang terlama hidupnya tersebut meninggal dunia. Kecuali untuk program komputer, sinematografi, fotografi, database dan hasil pengalihwujudan berlaku 50 tahun sejak pertama kali diumumkan.

Indonesia saat ini telah meratifikasi konvensi internasional di bidang Hak Cipta, yaitu : Berne Convention tanggal 7 Mei 1997 dengan Keppres No. 18/1997 dan dinotifikasikan ke WIPO pada tanggal 5 September 1997. Berne Convention tersebut mulai berlaku efektif di Indonesia tanggal 5 September 1997. Dengan berlakunyaa Berne Convention berarti sebagai konsekuensinya Indonesia harus melindungi ciptaan dari seluruh anggota Berne Convention.

Tiga tahap esensial dalam hal perlindungan terhadap perangkat lunak, yaitu :

– Perlindungan terhadap algoritma pemrograman.

– Perlindungan Paten atau Hak Cipta terhadap Program Komputer.

– Perlindungan terhadap kode obyek program (object code).

Sehubungan dengan hal itu, WIPO juga telah mengidentifikasikan bahwa bahan-bahan yang termasuk dalam software komputer adalah :

– Materi-materi pendukung (flowchart,deskripsi tertulis program).

– Dokumentasi tentang bagaimana menggunakan program (user’s guide).

– Untaian perintah (listing program) itu sendiri.

– dan tampilan look and field dari program tersebut.

Perlindungan terhadap program komputer yang berada di bawah hukum hak cipta sejalan dengan diratifikasinya TRIPs-WTO dan implementasinya dalam UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta, misalnya terkait dengan program komputer seperti Linux yang saat ini tidak lagi hanya merupakan sebuah operating system tetapi sudah merupakan sumber kekuatan penuh bagi para pengguna komputer. Dengan menggunakan life CD cooperative linux (CoLinux) pengguna dapat menggunakan sebuah distro Linux di atas operating sistem lain seperti Windows bagaikan sebuah proses yang diproteksi oleh Windows itu sendiri. Edisi CoLinux versi 0.6.0 yang dipublikasikan oleh penciptanya pada bulan Maret 2004, distro-distro yang dapat bekerja dengan CoLinux adalah Fedora, Gentoo dan Debian dapat di-download secara bebas dan cuma-cuma di http://www.colinux.org.

Kehadiran piranti-piranti lunak open source disambut dengan begitu antusias oleh masyarakat teknologi informasi dunia, karena selain membuka peluang untuk turut melakukan pengembangan software secara bebas, dapat mengurangi monopoli pencipta software tertentu, juga telah menjawab kebutuhan tersedianya software tanpa perlu mengeluarkan biaya yang relatif mahal.

Saat ini disamping terdapat software-software open source yang dapat dimiliki secara gratis, kini berkembang pula software bebas yang dikenal dengan freeware yang disediakan oleh beberapa kategori software secara gratis yang kualitasnya setara dengan software sejenis. Dan saat ini tersedia pula berbagai freeware yang dapat diperoleh secara gratis.

Perbuatan perbuatan yang tidak melanggar hak cipta dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, sesuai dengan pasal 15 Undang-Undang Hak Cipta , adalah sebagai berikut :

  1. Penggunaan ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan,penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta.
    1. Pengambilan ciptaan pihak lain, baik seluruhnya maupun sebagian, guna keperluan pembelaan di dalam atau di luar pengadilan.
    2. Pengambilan ciptaan pihak lain, baik seluruhya maupun sebagian , guna keperluan :

–          Ceramah yang semata-mata untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan

–          Pertunjukan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta

  1. Perbanyakan suatu ciptaan bidan ilmu pengetahuan, seni dan satra dalam huruf braille guna keperluan para tunanetra, kecuali jika perbanyakan itu bersifat komersial
  2. Perbanyakan suatu ciptaan selain program komputer, secara terbatas dengan cara atau alat apapun atau proses yang serupa oleh perpustakaan umum, lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan dan pusat dokumentasi yang non komersial semata mata untuk keperluan aktivitasnya.
  3. Pembuatan salinan cadangan suatu program komputer oleh pemilik program komputer yang dilakukan oleh pemilik program komputer yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri.

 

 

 

  1. III.   Menerapkan Prinsip-Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Semua pekerjaan baik di perusahaan, kantor, bengkel, maupun di luar ruangan seperti di jalan raya mengutamakan faktor kesehatan dan keselamatan kerja (K3), karena hal tersebut ikut menentukan sukses tidaknya suatu pekerjaan.

Pengguna user atau komputer kadang-kadang berada di depan komputer berjam-jam bahkan berhari-hari. hal itu disebabkan karena tuntutan pekerjaan atau hobi. agar kesehatan tidak terganggu, maka dibutuhkan kenyamanan keadaan user maupun hardware komputer.

Prinsip-Prinsip K3

Dalam menggunakan komputer dibutuhkan kenyamanan dalam menggunakannya, seorang pengguna komputer harus memiliki posisi yang benar ,baik posisi duduk, posisi mata, dan posisi tangan di keyboard.

posisi duduk :  posisi duduk yang benar di depan komputer antara lain tempat duduk yg ideal dan bersandar, kursi ideal bisa berputar dan dpt diatur tinggi rendahnya, tempat duduk yang tidak nyaman dapat mengakibatkan kelelahan pada punggung.

kelelahan posisi mata : posisi mata pada layar harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah, jika posisi layar lebih tinggi atau rendah maka leher akan menjadi cepat lelah. Layar yang digunakan sebaiknya layar yang low radiasi  / layar jenis LCD. Layar LCD sejuk di mata dan aman dari radiasi. Jika menggunakan CRT, layar diusahakan disetel tidak terlalu terang Karena dapat mengganggu penglihatan mata sehingga lama-kelamaan akan menjadi rabun. Untuk menghindari kerusakan mata, kita dapat juga menggunakan kaca anti radiasi.

posisi tangan : tangan paling banyak melakukan aktivitas dibandingkan panca indera lainnya. Karena hal inilah maka posisi tangan pada keyboard harus dibuat senyaman mungkin sehingga tangan tidak cepat lelah. Pilihlah tuts keyboard yang lembut dan gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik.

 

  1. Memperagakan Posisi Duduk Yang Baik Dan Benar

Posisi duduk yang benar adalah menghadap komputer lurus, tidak menyamping, atau membentuk sudut terhadap layar komputer.posisi punggung lurus, dapat diperoleh jika posisi layar (monitor) komputer sejajar dengan mata. Jika menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatlah sebentar atau berdiri untuk meluruskan pinggang.

  1. B.       Mendemonstrasikan Cara menggunakan komputer dengan memperhatikan K3

Setelah kita tahu bagaimana posisi yang benar di depan komputer maka langkah berikutnya adalah bagaimana memperlakukan komputer. Komputer juga harus di perlakukan dengan baik supaya komputer yang kita gunakan tidak cepat rusak.

  • pertama komputer harus diletakan di tempat yang aman. Aman dari jangkauan anak-anak, aman dari api, aman dari penyinaran matahari secara terus menerus, dan aman dari percikan air.
  • selanjutnya langkah penggunaan komputer pemakaian selalu di awali dgn memasang stop kontak untuk power supply, lalu hidupkan.stop kontak sebaiknya tidk goyang dan mantap sehingga arus listrik tidak terganggu krn arus dr PLN langsung rata rata 220 volt dan berbahaya bagi kita, kabel yg diperlukan cukup banyak  jadi hindari ke semrawutan, kabel dpt di rapikan dgn mengisolasinya atau mengikatnya dgn karet, hal yg harus diperhatikan adalah stabilizer, benda itu harus digunakan untuk arus listrik yg naik turun dan dpt menyebabkan kerusakan pd hardware sesudah stop kontak dipasang dilanjutkan dgn tombol ON/OFF perlakuan seperti ini disebut booting dingin, proses dingin ini sebaiknya digunakan dgn hati-hati dan berulang ulang,tunggu sesaat krn komputer sedang menset sesuai BIOS dan mengecek perangkat komputer seperti monitor, keyboard , mouse, printer dan sbg nya,

 

 

IV. Tutorial Microsoft Windows

  1. A.  Mematikan, Me-restart dan melakukan Stand-by Mode pada Komputer Anda

Pada Windows, terdapat cara-cara tertentu untuk mematikan komputer anda.

1. Mematikan dan Me-Restart Komputer

  • Klik pada tombol Start. Yang akan diikuti oleh tampilnya Start Menu.
  • Klik pada Shutdown yang akan diikuti oleh tampilnya kotak dialog Shut Down  Windows.
  • Pilihlah Shut Down untuk mematikan komputer anda dan Re-Start untuk me-restart.
  • Klik OK.

2. Melakukan Stand-By

Ketika komputer berada pada kondisi Stand-by Mode, maka komputer akan menghabiskan energi listrik yang lebih sedikit, akan tetapi dapat di nyalakan kembali secara cepat.

  • Klik pada tombol Start. Yang akan diikuti oleh tampilnya Start Menu.
  • Klik pada Shutdown yang akan diikuti oleh tampilnya kotak dialog Shut Down Windows.
  • Pilihlah Stand-by Mode lalu Klik OK.

 

  1. B.  Desktop Windows

Desktop Windows adalah daerah kosong pada latar belakang. Selain daerah kosong, desktop juga menyertakan folder, icon, wallpaper dan obyek-obyek lain. Desktop pada windows di tunjukkan oleh gambar di bawah ini.

 

 

Gb 1. Desktop Windows

 

 

Bagian-bagian dari Desktop dan Penjelasan

Taskbar

Pada umumnya, taskbar ialah bagian yang terletak pada bagian

bawah dari desktop. Tombol Start, tombol program-program aktif,

tombol quick start dan tampilan waktu terletak pada taskbar.

My Computer

Icon My Computer memungkinkan akses ke dalam computer

anda. Anda dapat mengakses harddisk, Control Panel dan

bagian-bagian lain dari computer anda melalui My Computer.

Internet Explorer

Icon ini digunakan menampilkan Internet Explorer browser.

My Network Place

 

Jika bekerja pada sebuah network, icon ini menampilkan

komputer-komputer yang ada pada network.

The Recycle Bin

Ketika menghapus sebuah data, sebelum data tersebut

dihapus secara permanen data tersebut akan di simpan terlebih

dahulu di Recycle Bin

  1. C.  Icon

Icon merupakan sebuah grafik image yang memiliki nama di bawahnya dan mewakili suatu program aplikasi. Icon menolong kita untuk menjalankan sebuah perintah secara cepat. Untuk menjalankan program dengan menggunakan icon, tekanlah klik kiri dua kali pada icon tersebut. Contohnya adalah icon My Computer, icon Recycle Bin, files & folder dan lain sebagainya.

   

  1. D.  Tombol Start

Tombol start     adalah tombol yang terletak pada taskbar yang bisa digunakan untuk menjalankan program dan mengatur sistem operasi Windows secara keseluruhan.

  1. E.  Operasi Dasar Mouse

Pointer mouse berfungsi sebagai alat untuk menunjuk, memilih, dan memanipulasi bagian-bagian dalam layar komputer. Dalam Windows sebuah anak panah pada layar komputer

(       ) , disebut sebagai pointer mouse. Tujuan utama sebuah mouse adalah mengontrol pointer mouse.

 

Klik kiri

Pada mouse secara default, tombol yang terletak paling kiri adalah tombol primer. Klik kiri atau sering disebut Klik adalah penekanan tombol kiri mouse sebanyak satu kali. Klik dipergunakan untuk memilih dan menggeser obyek pada layar komputer.

Klik kanan

Sedangkan tombol yang terletak paling kanan adalah tombol sekunder. Klik kanan adalah penekanan tombol kanan mouse sebanyak satu kali. Klik kanan dipergunakan untuk memunculkan menu-menu shortcut suatu obyek pada layar komputer.

Drag dan drop

Drag dan drop mengacu pada kemampuan windows untuk memilih dan memindahkan letak obyek. Jika tombol kiri atau tombol kanan ditekan, tidak dilepas, kemudian ditarik ke suatu lokasi tertentu, maka proses ini disebut sebagai drag. Selanjutnya setelah tiba di lokasi tertentu tombol kiri atau kanan mouse dilepas, maka proses ini disebut drop. Operasi drag dan drop dipergunakan untuk memindahkan posisi obyek, menyalin obyek, dan membuat shortcut.

Double klik

Jika dilakukan penekanan tombol kiri mouse sebanyak dua kali secara cepat maka disebut double klik. Double klik dipergunakan untuk membuka suatu obyek pada layar komputer.

 

  1. F.   Memulai Sebuah Program

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai sebuah program :

  • Klik pada tombol Start yang terletak pada bagian kiri bawah dari layar.
  • Sorot pada All Program yang akan diikuti oleh munculnya Program Menu
  • Jika melihat ada tanda panah, artinya pada bagian itu terdapat menu bagian.
  • Carilah program yang ingin di jalankan dan klik pada program tersebut 2 kali untuk memulainya

G. Memasukkan sebuah item dari desktop ke Start Menu atau Program Menu

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Klik kiri pada item satu kali tanpa melepas klik dan gerakan item tersebut ke atas tombol Start.
  • Lepaskan klik ketika Start Menu muncul.
  • Item tersebut akan muncul di Start Menu.
  • Jika ingin memindahkan item tersebut ke dalam Program atau menu bagian dari Start Menu, gerakan item tersebut dari Start menu ke Program Menu atau menu bagian yang lain.
  1. H.  Mengganti nama dan menghapus sebuah item dari Start atau Program Menu

Hal ini dapat dilakukan dengan menjalankan langkah-langkah berikut :

  • Sorotlah item tersebut.
  • Klik kanan.
  • Klik kiri pada Delete untuk menghapus dan Rename untuk mengganti nama item tersebut.
  1. I.     Mengurutkan item-item dalam sebuah menu

Langkah-langkahnya ialah :

  • Masuklah dalam menu yang ingin anda urutkan.
  • Klik kanan.
  • Klik kiri pada Sort by Name
  1. J.    Window

Apa yang disebut dengan Window di tunjukkan pada gambar 2. Pada window inilah kita mengolah data secara nyata.

 

 

Gb 2. Window dan bagian-bagiannya

 

 

Tabel 2. Bagian-bagian dari Window dan Penjelasannya

Control Box

Control box menyediakan menu yang memungkinkan anda untuk

mengembalikan, memindahkan, mengubah ukuran atau menutup

sebuah window.

Border

Border memisahkan window dari desktop. Gerakan border untuk

mengubah ukuran dari window.

Title bar

Title bar menampilkan nama dari program atau file yang dijalankan.

Minimize button

Gunakan Minimize untuk menghapus windows secara sementara dari dekstop. Selama window di minimize, nama dari window tersebut akan bertempat di taskbar.

Maximize

button

Gunakan Maximize untuk membuat window tersebut memenuhi

keseluruhan layar.

Restore button

Restore digunakan untuk mengembalikan windows yang telah di

maximize ke ukuran semula.

Close button

Klik Close button untuk menutup window.

Menu bar

Menu menampilkan program menu. Kita mengirimkan perintah

perintah ke dalam program menggunakan menu ini.

Toolbars

Toolbars pada umumnya berada di bawah menu bar. Kita dapat

menggunakan icon pada toolbars untuk mengirimkan perintah-perintah ke program.

Work area

Work area terletak pada bagian tengah dari window. Hampir

keseluruhan pekerjaan di lakukan pada bagian ini.

Status bar

Status bar memberikan informasi mengenai program yang sedang di jalankan.

Jika kita membuka beberapa window pada waktu yang bersamaan, window yang berada paling atas adalah window yang terfocus. Kita hanya dapat berinteraksi dengan window yang terfocus.

Untuk mengubah focus dari window window terdapat 3 cara yaitu :

  • Klik dimana saja pada window yang anda focuskan.
  • Tekan Alt-Tab tanpa melepasnya, lalu pilihlah window yang ingin anda fokuskan.
  • Semua window yang sedang active ditampilkan pada taskbar. Klik pada tombol window yang berada di taskbar untuk memberi focus pada window tersebut.

Untuk menggerakkan sebuah window pada desktop, klik kiri pada title bar window tersebut tanpa melepaskannya, lalu gerakan window tersebut.

K. Menemukan File atau Direktori secara cepat

Ada saatnya ketika kita ingin bekerja dengan suatu file atau direktori, kita terlupa dimana kita menyimpan file atau direktori tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Windows menyediakan fasilitas Search yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Klik pada tombol Start.
  • Sorotlah Search lalu klik.
  • Sebuah kotak dialog akan muncul. Isilah kriteria-kriteria file atau direktori yang ingin di temukan.
  • Klik Search Now.
  • Maka kriteria yang telah ditetapkan akan muncul di kanan layar.

 

 

Gb 3. fasilitas Search

  1. L.  Menu, Shortcut Key dan Selection (Block)

Menu menyediakan sebuah jalan bagi kita  untuk mengirimkan perintah ke komputer kita.

Ketika ada yang membuka sebuah window, pilihan menu terletak berjajar dari kiri ke kanan pada menu bar yang terletak tepat di bawah title bar. Ketika kita meng-klik sebuah menu item maka akan muncul sebuah drop down menu. Pilihan perintah yang akan di jalankan dari drop-down menu tersebut.

Kita dapat menggunakan shortkey untuk menjalankan sebuah perintah secara cepat dengan

menekan kombinasi tombol-tombol pada keyboard. Sebagai contoh. ketika kita melihat menu, kita akan menyadari sebagian besar dari pilihan tersebut mempunyai sebuah huruf yang digaribawahi. Kita dapat memilih pilihan menu tersebut dengan menekan Alt + Key, dimana Key adalah huruf yang di garisbawahi.

Selection (block) adalah bagian yang berwarna、yang mana pada bagian tersebut dapat dikenakan sebuah perintah tertentu. Untuk membuat selection, langkah-langkahnya ialah :

  • Klik kiri di tempat yang akan menjadi awal dari selection.
  • Tekan klik kiri tanpa melepasnya, lalu gerakkan mouse sampai semua bagian yang di inginkan tercakup.

Mengetik pada kata yang di block akan mengganti kata tersebut dengan kata yang baru.

M. Dekstop Shortcut

Sebuah desktop shortcut, biasanya dilambangkan dengan sebuat icon, adalah sebuah file kecil yang mewakilkan sebuah program, file, direktori, dokumen atau alamat internet. Dengan meng-klik sebuat shortcut icon, kita akan dibawa langsung ke object yang di wakilkan oleh shortcut tersebut. Shortcut hanyalah sebuah penunjuk, sehingga menghapus shortcut tidak akan menghapus program, file, direktori, dokumen atau alamat internet yang di wakilkan.

Langkah-langkah untuk membuat sebuah desktop shortcut dari item pada Start menu adalah :

  • Klik pada Start dan temukan item yang ingin di buat shortcutnya.
  • Klik kanan pada item tersebut tanpa melepasnya dan bawa item tersebut ke desktop.

Langkah-langkah untuk membuat sebuah desktop shortcut dari item dari Windows Explorer adalah sebagai berikut :

  • Bukalah Windows Explorer.
  • Temukan item yang ingin buat shortcutnya pada Windows Explorer tersebut.
  • Klik kanan pada item tersebut lalu sorot Send to.
  • Klik pada Desktop (create Shortcut).

Untuk membuat dekstop shortcut dari alamat internet, klik kiri pada link yang ingin anda buat shortcutnya tanpa melepasnya, lalu gerakan dan lepaskan klik-an pada desktop.

Desktop Shortcut juga dapat di buat secara manual dengan menggunakan Desktop Shortcut Wizard. Langkah-langkahnya antara lain :

  • Klik kanan pada dekstop. Pilihlah New → Shortcut. Window Create Shortcut  akan muncul kemudian.
  • Tulislah lokasi dan name dari item yang ingin anda buat shorcutnya. Jika perlu gunakan browse untuk menemukan item tersebut.
  • Klik Next. Sebuah kotak dialog akan muncul.
  • Masukan nama yang dari shortcut tersebut.
  • Klik Finish.
  1. N.  Mengubah Icon dari sebuah Desktop Shortcut

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Klik kanan pada icon tersebut.
  • Klik pada Properties.
  • Klik pada tombol Change Icon.
  • Klik pada icon yang anda pilih..
  • Klik OK.

Tidak semua objek dapat dirubah iconnya. Jika kita tidak melihat adanya tombol Change Icon, berarti icon dari objek tersebut tidak dapat dirubah.

 

 

 

 

 

  1. O.      Cut, Copy dan Paste

Cut :  Ketika kita melakukan perintah cut pada sebuah data, maka data tersebut akan dihapus dari tempat asalnya dan disimpan di sebuah tempat yang di sebut Clipboard.

Copy  : Ketika kita melakukan perintah copy pada sebuah data, maka data tersebut tanpa dihapus dari tempat asalnya akan di simpan di sebuah tempat yang disebut Clipboard.

Paste  : Dengan menggunakan perintah Paste, kita dapat menempatkan data-data dari Clipboard ke tempat yang diinginkan.

Clipboard     : Sebuat tempat untuk menyimpan data-data yang telah di cut atau di copy.

Langkah-langkah melakukan Cut, Copy and Paste.

a. Menggunakan Menu

Cut dan Copy

  • § Sorotlah data yang ingin di cut atau copy.
  • § Klik pada Edit, yang terletak pada Menu Bar..
  • § Pilihlah Cut atau Copy.

Paste

  •  Tempatkan cursor pada tempat di mana kita ingin meletakkan data yang telah kita cut atau copy.
  •  Klik pada Edit pada menu bar dan pilihlah Paste.

b. Menggunakan Keyboard Shortcut

Berikut adalah keyboard shortcut untuk melakukan cut, copy atau paste.

Cut : Ctrl + X

Copy: Ctrl + C

Paste : Ctrl + V

  1. P.   Hari dan Tanggal

Untuk mengubah setting hari dan tanggal, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik pada Start Menu → Settings → Control Panel → Date/Time. Kotak dialog Date/Time Properties akan muncul.
  • Frame Data digunakan untuk memilih bulan dan tahun.
  • Time Field digunakan untuk merubah waktu. ( jam, menit, detik dan AM/PM )
  • Pilihlah time zone yang benar sesuai dengan tempat tinggal kita.
  • Jika kita ingin menyesuaikan setting waktu dengan daylight saving time, cek box yang ada pada frame Time Zone.
  • Klik Apply lalu klik OK.

 

Gb 5. Dialog Box dari Hari dan Tanggal

  1. Q.  Display Properties
  2. Memasuki Display Properties

Terdapat 2 cara yaitu :

  • Start → Settings → Control Panel → Display
  • Klik Kanan pada Background Dekstop → Properties
  1. Mengubah Setting Wallpaper (Background dari Dekstop Windows)
  • Pilihlah bagian Background
  • Pilihlah wallpaper yang diinginkan.
  • Browse → Untuk memilih file gambar secara manual
  • Position → Terdapat tiga pilihan yaitu :

a. Center → Meletakkan di bagian tengah

 b. Tile → Meletakkan gambar secara penuh di layar

 c. Stretch → Memperbesar gambar hingga layar penuh.

  • Pattern → Memilih pola untuk wallpaper
  1. Mengubah Setting Screen Saver

Screen Saver adalah animasi atau tampilan pada layar jika dalam selang waktu tertentu keyboard atau mouse tidak disentuh.

  • Pilihlah bagian Screen Saver dari Display Properties.
  • Pilihlah screensaver yang inginkan.
  • Settings → Untuk mengubah setting dari screen saver yang dipilih
  • Preview → Untuk melihat screen saver yang dipilih
  • Wait for → Batas waktu hingga screen saver ditampilkan

 

 

Gb 6. Dialog Box Screen Saver dari Display Properties

 

  1. R.  Mengubah Tampilan Layar
  • Pilihlah bagian Appereance dari Display Properties

 

Gb 7. Bagian Appearance dari Display Properties

  • Scheme → Untuk memilih tipe tipe tampilan layar yang telah disediakan oleh windows
  • Item → Untuk memilih bagian dari layar yang ingin kita edit.
  • Font → Untuk mengubah jenis huruf yang di gunakan
  • Size → Untuk mengubah ukuran yang di gunakan
  • Color → Untuk mengubah warna yang digunakan
  • B → Tampilan Tebal,
  • I → Tampilan Miring

 

  1. S.   Mengubah Settings Performa Layar
  • Pilihlah bagian Settings dari Display Properties :
  • Color Pallete → Untuk mengatur berapa banyak warna yang di kenali oleh komputer         ( bergantung pada Video Card ).
  • Desktop Area → Untuk mengatur resolusi layar. Resolusi berkaitan erat dengan kualitas gambar yang dihasilkan layar. Semakin besar resolusi yang dipilih, semakin bagus kualitas gambar yang di hasilkan.

 

  

Gb 8. Bagian Settings dari Display Properties

  1. T.  Memformat

Apabila kita akan memformat media penyimpanan (flash,hdd, dll) maka langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Masukkan media penyimpanannya (flash, mmc)
  • Bukalah My Computer atau Windows Explorer
  • Klik kanan pada drive tujuan, dan pilihlah Format.
  • Apabila itu telah dilakukan, maka akan muncul dialog box seperti berikut:

 

 

Gb 9. Dialog Box dari Format

 

 

 

 

Pada dialog box diatas, terdapat beberapa pilihan yang dapat anda pilih, antara lain :

  • Capacity : Menunjukkan kapasitas media penyimpanan
  • File System : Menggunakan system Fat32/Fat/NTFS
  • Volume Label: Memberi nama pada media penyimpanan
  • Quick Format: Memformat dengan kecepatan tinggi.
  • Create an-MS DOS startup-disk: Memasukan juga file system DOS ke dalam media penyimpanan sehingga dapat di gunakan mem-boot komputer.
  1. U.  Memperbaiki Kerusakan pada Disk Anda

Kerusakan yang terjadi pada sebuah disk akan sangat mempengaruhi performa dari disk tersebut. Akan tetapi,sungguh beruntung sekali bahwa kerusakan yang terjadi pada disk sebagian besar adalah kerusakan tidak serius yang dapat dengan mudah diperbaiki oleh program perbaikan disk.

Dengan menggunakan Microsoft Windows, kita pun dapat memperbaiki sebagian dari kerusakan-kerusakan tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Bukalah My Computer atau Windows Explorer
  • Klik kanan pada drive tujuan anda dan pilihlah Properties.
  • Kliklah tab Tools
  • Apabila anda telah melakukan itu semua, akan tampil dialog box seperti berikut :

 

Gb 10. Bagian Tools dari Drive Properties

 

Klik “Check Now” pada bagian Error Checking. Bila ini di lakukan akan muncul dialog box seperti dibawah ini :

 

Gb 11. Dialog Box dari Check Disk

 

Seperti kita bisa lihat pada gambar diatas, sebelum kita menjalankan program ini terdapat 2 pilihan yang dapat kita modifikasi.

  • § Automaticaly fix file system errors : Dengan men-cek pilihan ini, Windows akan secara otomatis memperbaiki setiap kerusakan yang ditemuinya.
  • § Scan for and attempt recovery for bad sectors : Dengan men-cek pilihan ini, selain memeriksa file dan direktori pada drive yang kita pilih akan adanya kerusakan, Windows pun memeriksa drive tersebut akan adanya kerusakan fisik.

 

 

 

 

  1. V.  Men-Defrag Hardisk Anda

Secara normal, komputer menyimpan data pada hardisk secara kontinu. Akan tetapi, pada

keadaan tertentu komputer menyimpan data tersebut secara terpecah-pecah. Dalam keadaan seperti ini, komputer akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membaca data dari hardisk. Untuk memnyatukan data yang terpecah-pecah menjadi data yang kontinue, digunakanlah program Defragmentasi.

Langkah – langkah untuk meng operasikan program Defragmentasi pada Windows adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah bagian Tools dari Drive Properties anda.
  • Klik “Defragment Now” pada bagian Defragmentation.
  • Apabila itu telah dilakukan, akan muncul dialog box seperti berikut :

 

 

Gb 12. Dialog box dari Disk Defragmenter

 

  • Pilihlah drive hardisk yang ingin di defrag.
  • Klik “Defragment”. Apabila kita lihat gambar diatas, terdapat tombol “Analyze” dan tombol “Defragment”.

Tombol “Analyze” digunakan untuk melihat keadaan data pada hardisk anda tanpa mendefragnya. Dan tombol “Defragment” digunakan untuk melihat keadaan data pada hardisk anda, lalu mendefragnya.

  1. W.    Mempebesar Ruang Kosong pada Hardisk Anda

Ketika kita bekerja dengan menggunakan sebuah program pada Windows, terkadang program tersebut membuat file-file yang tidak diperlukan. Apabila kita telah bekerja untuk waktu yang lama, tentu saja jumlah file yang tidak diperlukan ini semakin banyak jumlahnya dan menghabiskan kapasitas dari hardisk kita. Untuk mengatasi hal ini, Windows menyediakan program “Clean Up” yang dapat menghilangkan file-file yang tidak diperlukan tersebut sehingga ruang kosong pada hardisk akan semakin besar.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Bukalah Drive Properties anda pada bagian General.
  • Kliklah tombol “Disk Cleanup”. Dan tekan Ok

 

Gb 13. Dialog Box dari Disk Cleanup

 

  1. X.  Mematikan Program yang Membeku

Ketika anda bekerja dengan suatu program, tidak selamanya program tersebut bekerja dengan baik. Ada kalanya pula ketika program tersebut tidak berfungsi dengan seharusnya sehingga tidak menerima perintah-perintah dari sang pemakai. Dalam keadaan ini dikatakan bahwa program itu telah membeku atau biasa kita sebut dengan istilah “Hang”. Pada umumnya tidak ada cara untuk memperbaiki program yang “Hang”, tetapi kita dapat mematikan program tersebut secara paksa.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Kliklah Ctrl+Alt+Del
  • Apabila itu telah dilakukan, akan muncul dialog box sebagai berikut :

 

Gb 14. Dialog Box dari Windows Task Manager

 

  • § Apabila kita lihat gambar diatas, pada kolom Status semua program dalam keadaan Running, yang berarti bekerja dengan baik. Akan tetapi, apabila terdapat program yang Hang, status program tersebut akan tertulis Not Responding.
  • § Untuk mematikan program tersebut, pilihlah program tersebut lalu klik tombol “End Task”.

Ada kalanya, sebuah program yang membeku menyebabkan seluruh komputer kita membeku sehingga ketika kita menekan Ctrl+Alt+Del, dialog box diatas tidak muncul. Pada saat ini, satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara mere-start komputer.

  1. Y.  Menghapus Program dari Windows

Menghapus program adalah bagian yang sangat penting dalam Windows karena hal ini sangatlah sering kita gunakan. Di Windows ada cara tersendiri dalam menghapus suatu program, yaitu:

  • Start Menu → Control Panel → Add/Remove Program
  • Lalu akan tampil tampilan seperti di bawah ini :

 

 

Gb 15.Dialog box dari Add or Remove Programs

  • Pilihlah program yang ingin anda hapus.
  • Lalu klik Change/Remove.

 

V. Manajemen File

 

Pernahkah kita mendengar istilah manajemen file ? Dan bagaimana manajemen file itu ? Agar lebih mudah memahami maka simaklah ilustrasi sederhana berikut ini, disebuah perusahaan terdapat lemari berkas. Di dalam lemari berkas tersebut berisi banyak ordner. Ordner berisi berkas (file) yang bermacam-macam, seperti surat perjanjian kontrak, faktur maupun surat kerjasama. Apabila berkas-berkas itu dicampur begitu saja atau diletakkan di sembarang ordner, maka pada waktu mencari suatu berkas akan memerlukan waktu lama. Karena kita harus membuka semua ordner, baru ditemukan berkas yang dicari. Jika berkas diatur dalam sebuah ordner yang diberi label (nama) sesuai kategori berkas itu proses pencarian suatu berkas akan lebih mudah dan cepat. Pengaturan berkas agar lebih mudah ditemukan tersebut merupakan salah satu bagian dari menajemen file (berkas) dalam suatu perusahaan.

Dari ilustrasi di atas memiliki kemiripan dengan manajemen file dalam sebuah komputer. Lemari berkas dapat diiibaratkan sebuah hardisk atau media penyimpanan yang lain, sedangkan berkas-berkas dapat diibaratkan sebagai file file komputer, tempat berkas (ordner) dapat diibaratkan sebagai folder dalam istilah komputer. Kita perlu menempatkan file-file dalam folder yang sesuai dengan rumpun atau jenisnya, misalnya file penawaran kita kelompokkan sendiri dalam folder penawaran, file game kita tempatkan dalam folder game, atau file  MS Excel kita tempatkan dalam folder dokumen atau angka.

Aktifitas manajemen file terdiri dari penempatan file dalam folder yang sesuai, tetapi mencakup membuat folder, penggantian nama file/folder, pemindahan file ke folder lain, penghapusan file/folder yang tidak diperlukan lagi, ataupun sistem backup data agar ada file cadangan jika terjadi kerusakan file dalam komputer kita.

  1. A.  Manfaat Manajemen File

Ada beberapa manfaat manajemen file diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengatur data atau file di komputer
  2. Memudahkan pencarian file
  3. Cara untuk menghemat media penyimpan hardisk dengan menghapus file yang tidak diperlukan
  4. Mengurangi resiko kehilangan data dengan membuat backup (file cadangan)

Untuk mendapatkan keuntungan manajemen file, kita harus pula memeahami langkah-langkah menajemen file yang benar. Kita juga harus memperhatikan file-file yang tidak boleh diubah terutama untuk file-file system.

Antisipasi dari perubahan struktur file system, maka apabila kita menggunakan system operasi MS Windows, sebaiknya kita tidak melakukan perubahan pada file yang berada dalam folder C:/Windows karena isi folder tersebut digunakan untuk mengatur system dalam komputer. Karena perubahan nama maupun letak file system dapat mengganggu kinerja komputer.

  1. B.  Melakukan berbagai Langkah Manajemen File

Windows Explorer adalah program aplikasi yang dipergunakan untuk pengaturan file dan folder pada system operasi Windows.

Folder adalah tempat atau ruang penyimpanan file-file yang kita pergunakan. Dengan adanya Windows Explorer kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan pengaturan file seperti : menyalin, memindah, menghapus hingga memformat media penyimpanan file. Untuk mengaktifkan Windows Explorer dapat dilakukan dengan cara :

  • Arahkan pointer ke tombol Start

Kemudian Klik kanan hingga muncul menu shortcut. Selanjutnya arahkan pointer ke Windows Explorer dan kliklah pilihan tersebut, lalu tunggulah  untuk beberapa saat hingga muncul sebuah jendela

  • Arahkan pointer ke tombol Start

Kemudian Klik kiri lalu arahkan ke All Programs – Accessories, lalu arahkan pointer ke Windows Explorer dan klik.

Pada jendela sebelah kiri ditampilkan nama-nama folder yang terdapat pada komputer, dan pada jendela sebelah kanan ditampilkan nama-nama folder dan file yang telah tersimpan pada komputer.

 

 

Gb 1. Windows Explorer

 

  1. a.      Menu

Menu berisi kumpulan fungsi yang ada pada tampilan graphical user interface (GUI). Dengan menu akan memudahkan melakukan operasi pada objek file maupun folder. Contoh menu yang ada pada Windows Explorer yaitu: File, Edit, View, Go, Favorites,

Tool, Help. Apabila salah satu menu tersebut di-klik, akan keluar (pull- down) item-item menu lainnya yang menunjukkan fungsi lebih spesifik, seperti pada menu Edit, terdapat menu item: undo, cut, copy, paste, select All, dan lainnya.

Sebenarnya, menu-menu yang mempermudah dalam pengelolaan ataupun perubahan file tidak hanya terdapat pada File Manager saja, Aplikasi seperti Internet Explorer, Microsoft Word, Open Office.org serta aplikasi office lainnya banyak memanfaatkan kemudahan menu tersebut.

  1. b.      Folder dan File

Folder adalah tempat disimpannya satu atau lebih file komputer. Dalam bahasa Inggris, folder artinya map, file sebagai berkas yang ada dalam map tersebut. Dengan adanya folder dengan diberi nama tertentu yang berisi sekumpulan file diharapkan pengelolaan penyimpanan data komputer dapat lebih teratur, rapi, tidak berceceran, dan mudah dicari.

File adalah elemen data pada penyimpanan sistem file. Dalam konteks sistem komputer, file merupakan sebuah arsip/catatan/berkas yang disimpan dalam format digital.

Karakteristik file antara lain:

  • Disimpan dalam bentuk besaran bytes (besaran pada penyimpanan data digital
  • Memiliki kapasitas terbatas
  • Disimpan dalam sistem penyimpanan yang tidak mudah hilang (permanen), tidak ikut hilang saat komputer dimatikan
  • Tersimpan dalam sebuah direktori (ruang/space pada sistem penyimpanan komputer).
  • Memiliki nama. Nama file tersebut dapat dilibatkan saat melakukan operasi file, seperti perintah operasi delete file pada DOS prompt> c:\delete test.txt.
  • Dalam hal ini, test.txt merupakan nama file.
  1. c.       Tipe Data File

Tipe data file pada komputer dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya. Tipe data file tersebut antara lain berupa file image (gambar), audio/audio-video (suara dan gambar hidup/film), text, file program, dan sebagainya.

Dalam penulisan nama file, perbedaan tipe data tersebut dibedakan pada penamaan ekstensi dari nama file yang bersangkutan. Dengan adanya ekstensi, sebuah file dibaca oleh OS (misal Windows) serta diasosiasikan dengan program yang sesuai. Ekstensi sebuah file ditunjukkan dengan 3 digit abjad atau angka dibelakang nama file yang dipisahkan dengan sebuah tanda titik. Sebuah ekstensi file diberikan berdasarkan jenis file yang bersangkutan. Misalnya untuk file program, ekstensinya adalah .exe, ekstensi file ini merupakan singkatan dari jenis file yang bersangkutan, yaitu EXEcutable. Contoh lainnya, nama file: intro.mp3, merupakan file dengan nama intro dan ektensi .mp3, merupakan file audio dengan format mp3; Aplikom book 3.doc merupakan file dengan  nama Aplikom book 3 dan ekstensi .doc, ekstensi yang merupakan singkatan dari DOCument.

Program aplikasi yang diinstalasi pada suatu OS, baik Windows, Linux ataupun OS lainnya, akan membaca dan mengolah file yang memiliki ekstensi tertentu yang dikenalinya. File dengan ekstensi .doc dapat dibaca oleh program aplikasi Ms. Word, file dengan ekstensi .mp3 dapat dibaca oleh aplikasi mp3 player seperti winAmp. Dan

sebaliknya pula, file .mp3 tidak dapat dibaca (sulit dikenali) oleh Ms. Word, begitu pula file .doc tidak dapat dibaca oleh winAmp.

Berikut ini beberapa contoh ekstensi file dan progrram aplikasi yang mengasosiasikannya:

 

No.

Ekstensi File

Program Aplikasi

1

.doc

Ms. Word

2

.bmp

Adobe Photoshop, Corel Draw

3

.txt

Notepad

4

.pdf

Adobe Reader

5

.mp3

WinAmp

6

.xls

Ms. Excel

7

.html

InternetExplorer, Netscape, Opera, dan web browser

lainnya

8

.mpeg

Windows Media Player

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Operasi File dan Folder

Operasi file dan folder relatif mudah jika dilakukan pada file manager seperti Windows Explorer yang telah menggunakan graphical user interface. Berikut ini beberapa operasi yang sering kali dilakukan pengguna adalah :

Membuat folder baru: Pilih menu: File | New | Folder. Tersedia pula pilihan untuk membuat file baru dengan jenis file tertentu, seperti file txt, doc, zip, dan sebagainya.

Folder atau file baru tersebut akan tersimpan pada folder/direktori yang sedang dibuka

saat itu.

 

Gb 2. Tampilan membuat folder / file baru pada Windows Explorer

Membuat folder/file baru dapat dilakukan pula dengan cara klik kanan tombol mouse

pada direktori yang akan disimpannya folder/file baru tersebut. Misal saat membuka

folder My Documents: klik kanan tombol mouse (pada kolom kanan) | New | Folder.

 

Gambar 3. Tampilan membuat folder baru yang ditempatkan di folder My Documents

Kemudian di kolom bagian kanan akan muncul folder baru dengan nama ‘New Folder’ yang siap untuk diganti dengan nama sesuai dengan keinginan. Jika folder tersebut akan diganti namanya dengan nama folder yang lain maka klik folder tersebut (yang akan di ganti namanya) kemudian tekan F2 pada keyboard atau klik kanan, kemudian pilih rename, kemudian ganti nama folder dengan nama yang diinginkan. Klik kanan | Rename | tulis nama baru | Enter.

 

Gambar 4. Rename, dengan cara klik kanan pada folder yang akan diganti namanya

 

 

Gambar 5. Mengganti nama folder

 

  1. Drag and Drop

adalah memindahkan file/folder pada layar monitor dengan memilih file/folder tersebut kemudian menekan terus tombol mouse selama mouse tersebut digerakkan sampai pada posisi file/folder tersebut akan disimpan. Contoh, saat memindahkan ikon dari satu posisi ke posisi lain pada desktop; dan memindahkan file ke folder lain pada Windows Explorer.

Tombol mouse yang ditekan terus tersebut bisa tombol kiri maupun kanan. Bedanya, jika tombol kanan yang ditekan, saat melepas tombol tersebut akan muncul pilihan apakah file/folder tersebut akan dikopi, dipindah, buat shortcut baru, atau cancel untuk membatalkan proses. Sedang jika tombol kiri hanya memindahkan atau mengkopi file/folder dari posisi (path) lama ke posisi baru.

Berikut ini contoh copy file dengan cara drag and drop:

  • Klik file yang akan di copy
  • Kemudian tahan klik tersebut dengan mouse klik kiri
  • Sambil menahan klik tersebut, arahkan kursor mouse ke tempat tujuan untuk mengcopy dan lepaskan klik tersebut di tempat tujuan copy
  • Hati-hati dalam mengcopy dengan cara ini, sebab jika menarik langsung dalam satu kolom maka file tersebut akan pindah dan bukan copy

 

Gambar 6. Drag and drop dengan klik kiri

  1. f.       Copy file

Copy file, dapat dilakukan dengan cara:

  • Drag and drop (telah dibahas sebelumnya)
  • Klik kanan pada file yang akan dicopy, kemudian pilih copy. Setelah itu klik kanan pada folder tempat akan disimpannya file tersebut kemudian pilih paste.
  • Klik file yang akan di copy | Klik menu edit | Pindahkan kursor ke folder yang dituju | kemudian klik edit menu |pilih paste.

 

Gambar 7. Copy file dari menu atau toolbar

Pada prinsipnya, copy file dari harddisk ke flashdisk atau sebaliknya sama saja dengan copy file ke CD. Namun untuk copy file ke CD terdapat sedikit perbedaan yaitu terdapat satu tambahan proses yang biasa disebut burn  atau write CD. Adapun tahapan copy data ke CD, antara lain:

  • Buka program aplikasi burning CD, seperti Nero, atau untuk Windows XP dapat dilakukan langsung di Windows Explorer
  • Copy data ke drive CD yang telah tersedia
  • Burn CD, dengan cara memilih pada menu yang ada pada Aplikasi burning CD
  • (misal Nero) atau pilih ‘write file to CD’ bila melakukan copy data pada Windows Explorer XP.

 

  1. g.      Menghapus file atau folder

Dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Pilih folder/file yang akan dihapus, kemudian tekan tombol delete pada keyboard, tekan “yes” jika ada konfirmasi untuk penghapusan file.
  • Pilih folder/file yang akan dihapus, kemudian klik delete pada toolbar (tombol di atas), jika ada konfirmasi maka tekan “yes”.
  • Pilih folder yang akan di hapus, kemudian pilih menu file dan pilih delete, jika ada konfirmasi maka klik “yes”.
  • Pilih folder/file yang akan dihapus, kemudian klik kanan, pilih delete, jika ada konfirmasi maka klik “yes”.

 

Gambar 8. Delete file dengan klik kanan pada item yang akan dihapus

 

  1. h.      Mengembalikan file atau folder yang terhapus

Mengembalikan file atau folder yang terhapus, atau tidak sengaja terhapus dapat dilakukan dengan cara menggunakan fasilitas “recycle bin”. Fasilitas ini untuk menampung sementara file-file yang belum lama terhapus, namun tidak semua file yang terhapus dapat dikembalikan seperti semula. Jika kapasitas disk penuh atau file tersebut telah benar-benar terhapus maka file tersebut tidak dapat dikembalikan seperti semula.

 

VI. MENGENAL VIRUS KOMPUTER

A. ASAL MUASAL VIRUS

1949, John von Neumann, menggungkapkan ” teori self altering automata ” yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika.

1960,  Lab BELL (AT&T), para ahli di lab BELL (AT&T) mencoba-coba teori yang diungkapkan oleh John von Neumann, dengan membuat suatu jenis permainan/game. Mereka membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program lain, akan dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit di tiap-tiap lab komputer. Tetapi, semakin lama program yang diciptakan makin berbahaya, sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat terhadap permainan ini.

1980, Program-program tersebut yang akhirnya dikenal dengan sebutan “virus” ini berhasil menyebar keluar lingkungan laboratorium, dan mulai beredar di masyarakat umum.

B. PENGERTIAN VIRUS

A program that can infect other programs by modifying them to include a slighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer system or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows“

( Fred Cohen )

Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat. Virus komputer dinamakan “virus” karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran (biological viruses).

Virus komputer bisa diartikan sebagai suatu program komputer biasa. Tetapi memiliki perbedaan yang mendasar dengan program-program lainnya, yaitu virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan “worm”. Tulisan ini tidak akan bahas worm karena nanti akan mengalihkan kita dari pembahasan mengenai virus ini.

C. KRITERIA VIRUS

Suatu program  dapat disebut sebagai suatu virus apabila memenuhi minimal 5 kriteria berikut :

1. Kemampuan untuk mendapatkan informasi

2. Kemampuan untuk memeriksa suatu file

3. Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri

4. Kemampuan melakukan manipulasi

5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri.

Sekarang akan coba dijelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dari tiap-tiap kemampuan itu dan mengapa ini sangat diperlukan.

1.  Kemampuan untuk mendapatkan informasi

Pada umumnya suatu virus memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalam suatu directory. Untuk apa? Agar dia dapat memperoleh daftar file yang bisa dia tulari. Misalnya, virus makro yang akan menginfeksi semua file data MS Word, akan mencari daftar file berekstensi *.doc. Disinilah kemampuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar/data semua file, lalu memilahnya dengan mencari file-file yang bisa ditulari. Biasanya data ini tercipta saat file yang tertular/terinfeksi virus atau file program virus itu sendiri dibuka oleh user. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya (biasanya) di RAM, sehingga apabila komputer dimatikan semua data hilang. Tetapi data-data ini akan tercipta kembali setiap kali virus itu diaktifkan. Biasanya data-data ini disimpan juga sebagai hidden file oleh virus tersebut.

2.  Kemampuan memeriksa suatu program

Suatu virus juga harus bisa memeriksa suatu file yang akan ditulari, misalnya dia bertugas menulari program berekstensi *.doc, maka dia harus memeriksa apakah file dokumen tersebut telah terinfeksi ataupun belum, karena jika sudah, akan percuma menularinya lagi. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan suatu virus dalam hal kecepatan menginfeksi suatu file/program. Yang umum dilakukan oleh virus adalah memiliki/memberi tanda pada file/program yang telah terinfeksi sehingga mudah untuk dikenali oleh virus tersebut. Contoh penandaan adalah misalnya memberikan suatu byte yang unik di setiap file yang telah terinfeksi.

3.  Kemampuan untuk menggandakan diri

Inti dari virus adalah kemampuan mengandakan diri dengan cara menulari file lainnya. Suatu virus apabila telah menemukan calon korbannya maka ia akan mengenalinya dengan memeriksanya. Jika belum terinfeksi maka sang virus akan memulai aksinya penularan dengan cara menuliskan byte pengenal pada file tersebut, dan seterusnya mengcopikan/menulis kode objek virus diatas file sasaran. Beberapa cara umum yang dilakukan oleh virus untuk menulari/menggandakan dirinya adalah :

  • File yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. Kemudian diciptakan suatu file berisi program virus itu sendiri menggunakan nama file yang asli.
  • Program virus yang sudah dieksekusi/load ke memori akan langsung menulari file-file lain dengan cara menumpangi seluruh file yang ada.

4.  Kemampuan menggadakan manipulasi

Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file. Isi dari suatu rutin ini dapat beragam mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang melakukan perusakan. Rutin ini umumnya digunakan untuk memanipulasi file atau pun mempopulerkan pembuatnya ! Rutin ini memanfaatkan kemampuan dari suatu sistem operasi (Operating System), sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistem operasi. Misalnya:

  • Membuat gambar atau pesan pada monitor
  • Mengganti/mengubah-ubah label dari tiap file, direktori, atau label dari drive di PC
  • Memanipulasi file yang ditulari
  • Merusak file
  • Mengacaukan kerja printer, dsb

5.  Kemampuan Menyembunyikan diri

Kemampuan menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana.

Langkah langkah yang biasa dilakukan adalah:

  • Program virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai
  • Program virus diletakkan pada Boot Record atau track pada disk yang jarang diperhatikan oleh komputer itu sendiri
  • Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfeksi tidak terlalu berubah ukurannya
  • Virus tidak mengubah keterangan/informasi waktu suatu file
  • dll

 

D. SIKLUS HIDUP VIRUS

Siklus hidup virus secara umum, melalui 4 tahap:

  1. Dormant phase ( Fase Istirahat/Tidur )

Pada fase ini virus tidaklah aktif. Virus akan diaktifkan oleh suatu kondisi tertentu, semisal: tanggal yang ditentukan, kehadiran program lain/dieksekusinya program lain, dsb. Tidak semua virus melalui fase ini.

  1. Propagation phase ( Fase Penyebaran )

Pada fase ini virus akan mengkopikan dirinya kepada suatu program atau ke suatu tempat dari media storage (baik hardisk, RAM dsb). Setiap program yang terinfeksi akan menjadi hasil “kloning” virus tersebut (tergantung cara virus tersebut menginfeksinya).

  1. Trigerring phase ( Fase Aktif )

Di fase ini virus tersebut akan aktif dan hal ini juga di picu oleh beberapa kondisi seperti pada Dormant Phase.

  1. Execution phase ( Fase Eksekusi )

Pada fase inilah virus yang telah aktif tadi akan melakukan fungsinya. Seperti menghapus file, menampilkan pesan-pesan, dsb

E. JENIS – JENIS VIRUS

Untuk lebih mempertajam pengetahuan kita tentang virus, akan coba dijelaskan tentang jenis-jenis virus yang sering berkeliaran di masyarakat umum.

1.  Virus Makro

Jenis virus ini pasti sudah sangat sering kita dengar. Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik.

2.  Virus Boot Sector

Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya, akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan diload ke memori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (contoh : monitor, printer dsb) dan dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke komputer (contoh : floopy, drive lain selain drive c:).

Contoh virus :

  • Varian virus wyx
    • ex: wyx.C(B) menginfeksi boot record dan floopy ;
    • Panjang :520 bytes;
    • Karakteristik : memory resident dan terenkripsi.
    • Varian V-sign :
      • Menginfeksi : Master Boot Record ;
      • Panjang 520 bytes;
      • Karakteristik : menetap di memori (memory resident),terenkripsi, dan polymorphic)
      • Stoned.june 4th/ bloody!:
        • Menginfeksi : Master Boot Record dan floopy;
        • Panjang 520 bytes;
        • Karakteristik : menetap di memori (memory resident), terenkripsi dan menampilkan pesan “Bloody!june

3.  Stealth Virus

Virus ini akan menguasai tabel interrupt pada DOS yang sering kita kenal dengan “Interrupt interceptor”. Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya.

Contoh virus :

  • Yankee.XPEH.4928,
    • Menginfeksi file *.COM dan *.EXE ;
    • Panjang 4298 bytes;
    • Karakteristik: menetap di memori, ukurantersembunyi, memiliki pemicu
    • WXYC (yang termasuk kategori boot record pun karena masuk kategri stealth dimasukkan pula disini), Menginfeksi floopy an motherboot record;
      • Panjang 520 bytes;
      • Karakteristik : menetap di memori; ukuran dan virus tersembunyi.
      • Vmem(s):
        • Menginfeksi file file *.EXE, *.SYS, dan *.COM ;
        • Panjang fie 3275 bytes;
        • Karakteristik:menetap di memori, ukuran tersembunyi, di enkripsi.
        • dll

4.  Polymorphic Virus

Virus ini Dirancang buat mengecoh program antivirus, artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.

Contoh virus:

  • Necropolis A/B,
    • Menginfeksi file *.EXE dan *.COM;
    • Panjang file 1963 bytes;
    • Karakteristik: menetap di memori, ukuran dan virus tesembunyi,terenkripsi dan dapat berubah ubah struktur
    • Nightfall,
      • Menginfeksi file *.EXE;
      • Panjang file 4554 bytes;
      • Karakteristik : menetap di memori, ukuran dan virus tesembunyi,memiliki pemicu, terenkripsidan dapat berubah-ubah struktur
      • dll

5.  Virus File/Program

Virus ini menginfeksi file-file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file *.EXE, maupun *.COM biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.

6. Multi Partition Virus

Virus ini merupakan gabungan dari virus boot sector dan virus file. Artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file-file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.

 

F. BEBERAPA CARA PENYEBARAN VIRUS

Virus layaknya virus biologi harus memiliki media untuk dapat menyebar, virus komputer dapat menyebar ke berbagai komputer/mesin lainnya juga melalui berbagai media, diantaranya:

1.  Flashdisk, media storage R/W

Media penyimpanan eksternal dapat menjadi sasaran empuk bagi virus untuk dijadikan media. Baik sebagai tempat menetap ataupun sebagai media penyebarannya. Media yang bias melakukan operasi R/W (Read dan Write) sangat memungkinkan untuk ditumpangi virus dan dijadikan sebagai media penyebaran.

2.  Jaringan ( LAN, WAN,dsb)

Hubungan antara beberapa computer secara langsung sangat memungkinkan suatu virus ikut berpindah saat terjadi pertukaran/pengeksekusian file yang mengandung virus.

3.  WWW (internet)

Sangat mungkin suatu situs sengaja ditanamkan suatu “virus” yang akan menginfeksi komputer-komputer yang mengaksesnya.

4.  Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan

Banyak sekali virus yang sengaja ditanamkan dalam suatu program yang disebarluaskan baik secara gratis, atau trial version.

5.  Attachment pada email, transfering file

Hampir semua jenis penyebaran virus akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk berkomunikasi, file-file ini sengaja dibuat mencolok/menarik perhatian, bahkan seringkali memiliki ekstensi ganda pada penamaan filenya.

G. PENANGGULANGANNYA

  1. 1.      Langkah-Langkah untuk Pencegahan

Untuk pencegahan anda dapat melakukan beberapa langkah-langkah berikut :

  • Gunakan antivirus yang anda percayai dengan update terbaru. Tidak perduli apapun merknya asalkan selalu diupdate, dan auto-protect dinyalakan maka komputer anda terlindungi.
  • Selalu scanning semua media penyimpanan eksternal yang akan digunakan, mungkin hal ini agak merepotkan tetapi jika auto-protect antivirus anda bekerja maka prosedur ini dapat dilewatkan.
  • Jika anda terhubung langsung ke Internet cobalah untuk mengkombinasikan antivirus anda dengan Firewall, Anti-spamming, dsb.
  • Selalu waspada terhadap file-file yang mencurigakan, contoh: file dengan 2 buah exstension atau file executable yang terlihat mencurigakan.
  • Untuk software freeware + shareware, ada baiknya anda mengambilnya dari situs resminya.
  • Semampunya hindari membeli barang bajakan, gunakan software-software open source.
  1. 2.        Langkah-Langkah Apabila telah Terinfeksi
  • Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut apakah di flashdisk, jaringan, email dsb. Jika anda terhubung ke jaringan maka ada baiknya anda mengisolasi komputer anda dulu (baik dengan melepas kabel atau mendisable sambungan internet dari control panel)
  • Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus apa yang menyerang pc anda, dengan cara:
    • Gejala yang timbul, misal : pesan, file yang corrupt atau hilang dsb
    • Scan dengan antivirus anda, jika anda terkena saat auto-protect berjalan berarti virus definition di dalam komputer anda tidak memiliki data virus ini, cobalah update secara manual atau mendownload virus definitionnya untuk kemudian anda install. Jika virus tersebut memblok usaha anda untuk mengupdate, maka upayakan untuk menggunakan media lain (komputer) dengan antivirus yang memiliki update terbaru.
    • Bersihkan virus tersebut. Setelah anda berhasil mendeteksi dan mengenalinya maka usahakan segera untuk mencari removal atau cara-cara untuk memusnahkannya di situs-situs yang memberikan informasi perkembangan virus tersebut. Hal ini perlu dilakukan apabila antivirus dengan update terbaru anda tidak berhasil memusnahkannya.
    • Langkah terburuk. Jika semua hal diatas tidak berhasil adalah memformat ulang dan instalasi ulang komputer anda .

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 18, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: