RSS

aplikom “internet”

18 Jul

INTERNET

Pengertian INTERNET :

Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.

Di internet ada dua tipe komputer,

1.komputer server, yaitu penyedia layanandan informasi internet yang dapat diakses oleh komputer lainnya.

2.Komputer client, yaitu komputer yanghanya dapat mengakses layanan yang diberikan oleh komputer server.

 

Sejarah INTERNET :

1. Dimulai pada tahun 1969, saat itu Departemen PertahananAmerika mengadakan riset tentang bagaimana caranyamenghubungkan antar komputer sehingga membentukjaringan, programtersebut dikenal dengan nama ARPAnet(Advance Research Project Agency)

2. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan emailbuatannya untuk ARPAnet, dan ikon @ (at atau pada) jugadiperkenalkan pada tahun yang sama.

3. Tahun 1973 Jaringan ARPAnet dikembangkan ke luar Amerika

4. Tahun 1982 TCP IP (Transmission Control Protocol InternetProtocol) dibentuk karena semakin lama komputer jaringansemakin banyak bermunculan dan di butuhkan sebuah protocolresmi yang diakui oleh semua jaringan.

5. Tahun 1984 di bentuk DNS (Domain Name Sistem) karenauntuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer .

6. Tahun 1988 diperkenalkan IRC (Internet Relay Chat)

7. Tahun 1990, merupakan tahun yang bersejarah karena TimBerners Lee menemukan program WWW (world wide web) yangbias menjelajah antara satu komputer ke komputer lainnyamelalui browser

8. Tahun 1994 muncul banyak situs diantaranya situs virtualshopping atau commerce (e-retail), pada tahun yang samamuncul yahoo! Dan Netscape Navigator versi 1.0 sebagaibrowser

 

Layanan/ fasilitas di INTERNET :

1. Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Mozilla Firefox.

2. FTP (File Transfer Protokol), Digunakan untuk memindahkan file dari satukomputer ke komputer lain di internet dengan konsep client server.

3. E-mail (electronic mail) yaitu fasilitas komunikasi pengguna internet melalui suratelektronik. Jenis email dibagi menjadi 2 type yaitu : 1. POP mail yangmemungkinkan membacanya tidak harus online (sebelumnya dibuka untukdisimpan pada software POP mail, mozilla thunderbird/outlook) dan 2. Emailberbasis web (webmail) yaitu e-mail yang banyak di tawarkan oleh berbagai situs(ex : yahoo.com dll).

4. Milist (mailing list) merupakan sebuah alamat email yang di dalamnya berisikumpulan alamat e-mail anggotanya. Dengan mengirim pesan ke sebuah milist ,maka pesan akan terkirim ke semua anggota milist tersebut.

5. Newsgroup (kelompok diskusi) merupakan layanan untuk menyampaikanpendapat atau memberikan tanggapan atas topik tertentu dan ditampilkan padahalaman newsgroup tersebut.

6. Telnetdigunakan untuk mengakses data di komputer lain di internet danmenjalankan program-program di dalamnya.

7. Gopher merupakan layanan internet berbasis teks yang dikembangkan diuniversity of Minnesota, Layanan ini sekarang sudah digantikan dengan layananWWW yang mampu menampilkan aspek grafis, tidak hanya teks.

8. IRC (Internet Relay Chatting) , Layanan ini hampir sama dengan newsgroup, tetapi tidak dikhususkan pada topik tertentu.

9. VoIP (Voice over Internet Protocol), merupakan layanan untuk menelpon melaluiinternet (hemat pulsa interlocal/internasional karena menggunakan pulsa teleponlocal).

 

Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila Anda bekerja dalam Internet, diantaranya yaitu:

  • WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perputakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
  • Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
  • Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
  • Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.
  • Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.

 

Untuk dapat saling terkoneksiantara satu komputer dengankomputer lain di seluruh duniadalam jaringan internet diperlukanbeberapa hal berikut ini :

1.Perangkat keras

2.Perangkat lunak

3.Protokol (TCP/IP)

4.Saluran telekomunikasi

5.Sambungan ke ISP (internetservice provider)

 

Dampak positif internet :

1. Internet sebagai media komunikasi

2. Media pertukaran data

3. Media untuk mencari informasi dan data

4. Kemudahan memperoleh informasi

5. Sumber informasi

6. Kemudahan berbisnis

7. Sumber penghasilan

 

Dampak negatif :

1. Pornografi

2. Violence and gore (kekejaman dan kesadisan)

3. Penipuan

4. Carding (mendeteksi transaksi online penggunakartu kredit yang selanjutnya data-data yangdidapat digunakan untuk kejahatan, membobolkartu tsb)

5. Mengurangi sifat sosial

6. kecanduan

 

Istilah-istilah lain dalam penggunaan internet :

1. e-commerceyaitu transaksi jual belimelalui internet

2. e-library yaitu layanan akses pustakamelalui internet /intranet

3. e-learningyaitu pembelajaran onlinemenggunakan perangkat lunak yangtersambung dengan jaringan internet

4. internet bankingatau e-bankingyaitupelayanan bank kepada para nasabahnyamelalui fasilitas internet

5. e-governmentyaitu layanan pemerintahkepada masyarakat luas secara onlinemelalui internet.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 18, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: